Pemkab Labuhanbatu Butuhkan 436 PNS

Pemkab Labuhanbatu membutuhkan tenaga pegawai negeri sipil (PNS) baru 436 orang. Kebutuhan PNS tersebut akan direkrut melalui seleksi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) yang  segera dilakukan.
Adapun masing-masing formasi yang membutuhkan adalah, untuk pendidikan guru sebanyak 119 orang, kesehatan 159 orang, dan tenaga teknis 158 orang.

Sesuai surat Menpan nomor 179.P/M.PAN/9/2009 tentang persetujuan perincian CPNS di Labuhanbatu, untuk pengisian guru di sekolah dasar (SD), SLTP, SMA serta, di SMK. Terdiri dari guru matapelajaran Bahasa Indonesia, Agama Islam, Agama Kristen, Matematika, IPA, IPS dan guru Olahraga.

Sementara formasi kesehatan, untuk rekrut tenaga dokter spesialis anak, THT dan patologi anatomi masing-masing satu orang.
Sedangkan, untuk dokter umum membutuhkan 13 orang, ahli gizi 5 orang dan sarjana keperawatan sejumlah 2 orang serta kesehatan masyarakat dan epidemilog masing-masing hanya satu orang.

Tenaga kesehatan untuk diploma III masing-masing DIII gizi sejumlah 2 orang, analisis sejumlah 4 orang, anestesi sejumlah 3 orang dan bidan dibutuhkan sejumlah 14 orang serta keperawatan sejumlah 89 orang.

Untuk formasi teknis dibutuhkan sejumlah 158 orang diantaranya sarjana hukum, sipil, elektro, pertanian, planologi, pariwisata, kimia, ekonomi akuntansi, peternakan dan sarjana perpustakan. Sedangkan untuk diploma, masing-masing DIII akuntansi, perpajakan dan administrasi.

Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Labuhanbatu Nasrullah  mengatakan, hasil itu merupakan permohonan pihak Pemkab Labuhanbatu sebelumnya ke kementerian pendayagunaan aparatur negara (Menpan) dalam memenuhi jumlah tenaga PNS yang dibutuhkan. “Ya, jumlah itu merupakan usulan sebelumnya,” ujarnya.

Ditambahkanya, rencana pengisian tersebut mengingat banyaknya kebutuhan jumlah PNS saat ini. Sebab, pasca pemekaran daerah itu menjadi 3 kabupaten menyebabkan banyaknya tenaga PNS yang didrop ke kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Labuhanbatu Utara (Labura) sebelumnya. Dan, kata dia, dibanding penerimaan PNS pada 2008 lalu, jumlah penerimaan pada 2009 mengalami peningkatan.

Sementara itu, Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) dalam rencana perekrutan dan seleksi CPNSD setempat belum menerima surat pemberitahuan dari Menpan. Padahal, daerah otonomi yang baru mekar tersebut membutuhkan tenaga-tenaga pengabdi negara. Sedangkan, permohonan kebutuhan jumlah PNS sudah disampaikan kepihak kementerian. “Belum ada surat dari Menpan untuk seleksi CPNS di Labusel,” ujar Pjs Bupati Labusel, Sabrina melalui telepon selularnya.

Pemkab Labusel, katanya sangat membutuhkan tambahan sedikitnya 2000-an tenaga PNS. Itu, akan dapat dipenuhi dengan beberapa kali melakukan seleksi dan rekrutmen tenaga PNS. “Mudah-mudahan dengan beberapakali penerimaan CPNS akan dapat dipenuhi,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya agar penerimaan CPNS untuk Labusel dapat dilakukan serentak dengan daerah lainnya. Sehingga, tetap melakukan koordinasi dengan pihak Menpan di Jakarta. “Kita usahakan seleksi PNS serentak dengan daerah lainnya,” ujarnya.

Keterlambatan menerima surat Menpan tersebut, kata Sabrina, karena terjadinya perbedaan permintaan jumlah PNS dengan yang dialokasikan. “Ya, kita meminta setidaknya penerimaan sejumlah 500-an orang,” tuturnya.

Diantaranya, papar dia, formasi tenaga kesehatan, tenaga pendidik, tenaga teknis dan juga meminta dalam penyeleksiannya juga memberi kesempatan tamatan SLTA sederajat. “Tamatan SMA juga akan diberi kesempatan mengikuti seleksi,” tandasnya.(fajar)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: