Bawaskab Ingatkan Seluruh Desa

Badan Pengawas Kabupaten (Bawaskab) Labuhanbatu kembali menyebarkan peringatan kepada 109 kepala desa penerima Alokasi Dana Desa (ADD). Peringatan yang bakal disusul dengan surat edaran tersebut menegaskan, agar kepala desa jangan melayani permintaan apapun dari oknum-oknum yang mengatasnamakan pegawai Bawaskab.

Hal ini dianggap penting, mengingat tahun ini Pemkab Labuhanbatu kembali bakal mengucurkan dana sebesar Rp39 miliar kepada 109 desa penerima dana ADD. “Sebenarnya, saya sudah berulang kali menyampaikan dalam berbagai forum yang dihadiri kepala desa. Saya berulang-ulang katakan, jangan layani permintaan dana dari pihak manapun, termasuk dari orang-orang yang mengatasnamakan Bawaskab,” ujar Erwin Siregar, Kepala Bawaskab Labuhanbatu, kepada wartawan, Senin (31/3).

Karena itu, dia mengaku prihatin jika masih ada kepala desa yang memberikan uang dari dana ADD yang diterimanya kepada oknum yang mengaku mengatasnamakan Bawaskab. “Saya tidak abis pikir, kenapa masih dilayani yang seperti itu. Kan saya sudah berkali-kali bilang, laporkan kepada saya dan saya jamin kerahasiaannya,” tegasnya.

Pun begitu, lanjut Erwin, dirinya sangat mengharapkan masukan informasi dari beberapa kepala desa tersebut. Sebab, diakuinya, dia memang ada menempatkan beberapa pegawai Bawaskab ke desa-desa untuk melakukan pengawasan terkait penggunaan dana ADD itu. “Jadi, jika mereka tidak mengadu, saya tidak akan tahu bagaimana prilaku orang yang saya tempatkan itu. Tapi jika saya diberi tahu kalau ada anggota saya kerjanya hanya minta-minta, maka akan saya sikat dan tidak akan saya tarik dia,” tukas Erwin.

Terlepas dari itu, Erwin juga mengingatkan kepala desa untuk menggunakan dana yang diterimanya sesuai dengan peruntukan. Sebab, ceritanya, ada beberapa kepala desa yang ditengarai tak becus mengalokasikan dana itu, tapi menjadikan adanya pungli sebagai kambing hitam. “Pernah ada kepala desa mengadu kepada saya kalau dia dipungli, tapi saya tanya apa yang telah dia kerjakan dengan dana itu, dia sendiri tak bisa menjelaskan. Kalau kinerja mereka bagus, setidaknya itu mengurangi masuknya orang melakukan pungli,” bebernya.

Walau begitu, jelas Erwin, dia siap menerima pengaduan kepala desa yang merasa dipungli ini. Dan, dia akan mengambil tindakan tegas kepada anggotanya. “Saya akan petuk kepalanya dan saya tarik dia dari pengawasan di sekitar desa itu. Saya sangat komit untuk perbaikan mental dan kinerja aparat di Bawaskab ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkab Labuhanbatu Sugeng menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya kemungkinan akan kembali menyebarkan surat edaran kepada seluruh kepala desa tersebut. “Ya, kita akan sampaikan surat edaran yang dibuat Bawaskab itu. Dana ADD secuil pun tak boleh dipergunakan selain dari yang telah diperuntukkan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: