Empat JPU Siap Jerat Petinggi Dinkes

Sidang dugaan kasus korupsi di Dinas Kesehatan (Dinkes) Labuhanbatu dipastikan bakal memasuki babak awal pada Jum’at (4/4) mendatang. Tiga terdakwa akan disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat dengan tiga berkas terpisah.
Adapun ketiga terdakwa yang bakal duduk di kursi pesakitan tersebut adalah Nazmil Fuad (Kadinkes), Daniel H Manurung (mantan KTU yang kini jadi Wakadinkes), dan Zulpannuddin Hasibuan (bendahara Dinkes).

Ketiganya akan menghadapi tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Rantauprapat yang dikoordinir Novhan Siregar dengan anggota Irene Panjaitan, Belman Tindaon dan Ramli Damanik.
“Kita menyiapkan tim yang terdiri dari beberapa JPU dalam mengajukan dakwaan terhadap ketiga terdakwa yang berkasnya terbagi tiga. Tim ini berganti-ganti menghadiri persidangan,” jelas Novhan Siregar, Kasi Intel Kejari Rantauprapat, kemarin.
Dikatakannya, pihaknya sudah siap membuktikan dugaan korupsi yang didakwakan kepada ketiga tersangka ini. Namun, Novhan masih enggan membeber pasal yang bakal dikenakan dan ancaman hukumannya. “Kita tidak main-main mengajukan dakwaan dan membuktikannya. Tapi soal pasal dan ancaman hukuman yang akan kita kenakan, tidak etis jika saya sebutkan sekarang. Tunggu saja sidang pertamanya nanti,” ujar Novhan sembari tersenyum.
Yang jelas, menurut Novhan, ketiga terdakwa dipersangkakan terlibat kasus dugaan korupsi pengadaan alat-alat kesehatan di Dinkes Labuhanbatu sebesar Rp1.768.225.182. Dana tersebut termaktub dalam APBD Labuhanbatu tahun 2004 lalu. ‘Dana itu tidak sesuai dengan peruntukannya di lapangan dan diduga dipergunakan oleh ketiga terdakwa untuk kepentingan pribadi,” tandasnya.
Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat Moestofa ketika dikonfirmasi kemarin membenarkan sidang perdana korupsi itu bakal digelar Jum’at ini. Dijelaskannya, pihaknya juga sudah menetapkan majelis hakim yang akan menangani perkara tersebut.
‘Untuk terdakwa atas nama Nazmil Fuad, saya sendiri yang akan menjadi ketua majelisnya. Untuk berkas terdakwa atas nama Daniel H Manurung akan disidangkan oleh majelis hakim yang diketuai M Rizal. Sedangkan untuk terdakwa Zulpannuddin, ketua Majelis hakimnya Iwan Munir,” pungkas Moestofa.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: