KPU Labuhanbatu Ganti Kertas Surat Suara Rusak

Suheri Pane Ketua KPUD Labuhanbatu mengatakan, kertas surat suara yang mengalami kerusakan, telah diganti pihak KPU Sumut.

Sehingga, jumlah kertas surat suara yang segera akan dipergunakan diyakini tidak akan ada lagi yang mengalami kerusakan.

Itu, ujarnya setelah sampainya kertas surat suara pengganti ke KPU Labuhanbatu.

“Kemarin, kita telah terima penggantinya,” jelasnya, Kamis (10/4) di kamar kerjanya.

Meski sempat terkendala pendistribusiannya, namun pihaknya, aku Suheri segera melakukan laporan dan penyampaian berkas permintaan penggantinya ke pihak KPU Sumut.

“Kita menemukan adanya kertas surat suara yang tidak laik pakai., setelah melakukan pengecekan dan sortir logistik itu yang sebelumnya datang dari pihak KPU Sumut,” paparnya.

Jumlah Kertas surat suara yang dipasok ke Labuhanbatu sebanyak 623.000-an, setelah dari jumlah DPT Labuhanbatu 607.865. Sebanyak 10.573 lembar mengalami kerusakan oleh beberapa faktor.

Salahsatunya, kata Suheri, kondisi pencetakan gmbar calon pada kertas surat suara yang kurang baik, serta dibeberapa lembart ada yang mengalami koyak dan lainnya.

“Setelah membuat berkas laporan ke KPU Sumut, kita langsung menjemput penggantinya,” pungkas Suheri.

Maka, mengingat waktu pelaksanaan Pilgubsu yang kian dekat, pendistribusian sisa kertas surat suara yang kurang di beberapa KPPS segera akan dilaksanakan, tandasnya.

Sementara itu, beberapa kalangan masyarakat mengantungkan harapan kepada pihak KPUD Labuhanbatu untuk dapat lebih profesional dalam pelaksanaan Pilgubsu. Alasannya, lembaga itu telah berulang kali turut serta suksesi pelaksanaan agtenda serupa. Baik, terkait pelaksanaan Pemilu Legislasi, Pilpres dan bahkan skala lokal pihak KPUD Labuhanbatu sebagai pelaksana Pilkada Bupati.

Belajar dari pengalaman itu, KPUD setempat agar profesional mendistribusikan logistik Pilgubsu.

Seperti Salahseorang anggota Panwaslih Labuhanbatu Yos Irwan Batubara, menurutnya, kendala yang sering terjadi adalah dalam pendistribusian logistik (surat suara, bilik suara, kotak suara, tinta, alat pencoblos).

Contohnya kurangnya surat suara di TPS yang jaraknya sekitar 300 meter dari Kantor KPUD Labuhanbatu pada Pilkada bupati tahun 2005 lalu. “Untung jarak TPS tersebut dekat dengan Kantor KPUD, bagaimana kalau jarak TPS berjauhan dengan kantor penyelenggara pemilu?,” ujar Yos dalam nada tanya.

Ditambahkan, wanta-wanti ini perlu disampaikan mengingat dari pantauan di lapangan, PPK Kualuh Hulu , Panai Hulu dan Sei Kanan sudah menyampaikan berita acara (BA) kekurangan logistik Pilgubsu. Sekretariat KPUD Labuhanbatu harus menyikapinya dengan serius karena hari-H pilgubsu sudah sangat dekat.

Di sisi lain, ucap Yos, sesuai dengan surat Panwaslih Sumut, KPUD dan PPK agar nantinya dapat memberikan hasil penghitungan suara kepada Panwaslih Labuhanbatu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: