Fraksi Reformasi Dukung Program Beasiswa

* Mekanisme Seleksi Mesti Diperjelas

Fraksi Reformasi DPRD Labuhanbatu dukung program Pemkab tentang pemberian beasiswa anak Labuhanbatu untuk kuliah gratis di Universitas Indonesia (UI) Jakarta.

Tapi, untuk lebih mendukung pelaksanaannya, pihak Dinas Pendidikan Labuhanbatu agar dapat mempersiapkan berbagi petujuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis)nya.

Soalnya, tanpa ketransparansian seleksi calon peserta yang akan memperoleh beasiswa, akan membuka celah munculnya upaya dan potensi KKN.

Demikian dikatakan Ali Wansyah Ritonga ketua fraksi Reformasi DPRD Labuhanbatu, Rabu (23/4) di Rantauprapat.

“Wah, rencana itu sangat baik. Meski masih wacana, kita sangat menyambut upaya Pemkab memberikan dana pendidikan gratis bagi anak Labuhanbatu yang kuliah di UI,” ujarnya.

Namun, katanya lagi, pihak pemerintah setempat juga sejatinya tidak lupa untuk sesegera mungkin mempersiapkan berbagai aturan yang menjadi mekanisme pelaksanaan seleksi peserta.

“Jangan program yang baik itu malah jadi blunder. Soalnya, dengan ketiadaan petujuk pelaksanaan akan mengakibatkan banyaknya potensi munculnya kerancuan-kerancuan pelaksanaan,” paparnya.

Terlebih lagi, bakal merangsang munculnya dugaan terjadinya kejahatan KKN. Apalagi, program serupa juga akan diberlakukan bagi kalangan PNS di lingkup Pemkab Labuhanbatu. Sehingga, Pemkab yang berkeinginan baik untuk memberikan kesempatan bagi anak Labuhanbatu yang ingin meningkatkan mutu pendidikannya ke perguruan tinggi negeri (PTN) sekelas UI, dan para PNS yang ingin memperdalam ilmu akuntansinya di UI, malah menciptakan munculnya image negatif di kalangan masyarakat.

“Ya bisa saja terjadi dugaan munculnya kecurangan. Sebab, para peserta seleksi nantinya, meski sama-sama memiliki kualitas, namun disebabkan perbedaan kuantitas materi antara satu dengan lainnya, mengarah pada kecurangan,” tukasnya berandai-andai.

Dari itu, ditambahkannya, pihaknya mendesak pihak Pemkab untuk terus berupaya merealisasikan hal itu.

Alasannya, adanya program itu, dengan memberikan beasiswa di PTN UI, maka secara signifikan setiap tahunnya akan menambah jumlah anak Labuhanbatu yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

“Senantiasa kita siap mendukung setiap program Pemkab yang bertujuan menciptakan kemakmuran rakyatnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemkab berencana membiayai pendidikan gratis anak Labuhanbatu di Universitas Indonesia (UI). Memang, Program itu masih dalam tahap penjajakan Momerandum of Understanding (MoU) antara pihak Pemkab Labuhanbatu dengan pihak UI.

Maka, bila jalinan kerjasama itu terealisasi, pihak Pemkab Labuhanbatu melalui dana APBD setempat, akan geber program pendanaan pendidikan gratis bagi anak-anak Labuhanbatu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN).

“Kita (Pemkab Labuhanbatu) telah jajaki MoU dengan pihak UI di Jakarta. Tujuannya, berupaya mendanai anak Labuhanbatu yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN,” ungkap Ariyanto Asisten 3 setdakab Labuhanbatu, Selasa (22/4) ketika mendampingi Bupati Labuhanbatu melakukan kunjungan ke SMA plus Rantauprapat dalam rangkaian sidak pelaksanaan UAN di Labuhanbatu.

Sehingga, katanya dengan demikian diharapkan nantinya sebanyak 5 orang peserta didik dari setiap sekolah akan mengikuti testing dan penyeleksian melanjutkan ke perguruan tinggi UI.

“Meski belum ditargetkan jumlahnya, namun para siswa akan terus bersaing untuk meraih prestasi,” paparnya.

Selain itu, kriteria penyeleksian juga masih dalam tahap penjajakan dengan pihak UI. “Sejauh mana nantinya prosedur dan persyaratan yang layak terima di UI merupakan kewenangan pihak UI untuk menyeleksi. Kita hanya mempersiapkan dana yang dibutuhkan untuk membiayai beberapa anak Labuhanbatu yang akan melanjutkan pendidikan,” tegasnya.

Selain itu juga, kata Ariyanto, program serupa juga akan diberlakukan bagi kalangan PNS di lingkup setdakab Labuhanbatu.

Alasannya, untuk meningkatkan SDM para pengabdi bangsa di jajaran Pemkab Labuhanbatu yang lebih berkualitas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: