UASBN di Labuhanbatu akan Diikuti 23.074 Peserta

*Nilai Kelulusan Kewenangan Sekolah

Ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) merupakan penyelenggaraan ujian akhir bagi para Siswa Sekolah Dasar.

Perubahan itu, sesuai ketetapan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Dan, terkait materi soal sebagai materi ujian, kini menjadi 25 persen dari pusat dan 75 persen daerah.

Khususnya, sistem penyelenggaraan UASBN untuk jenjang SD, dikabarkan akan berbeda dengan ujian nasional (UN) SMP dan SMA. Pasalnya, dalam UASBN, koordinasi, pembuatan dan pencetakan soal, dan pengawasan diserahkan kepada pemerintah daerah, sedangkan pusat hanya memberikan kisi-kisi soal.

Terlepas dari tersosialisasi atau tidaknya sistem uji baru itu, yang pasti sebanyak 21.932 siswa SD Negeri dan 1142 siswa SD Swasta se Labuhanbatu tidak alam lagi, yakni ditanggal 13,14 dan 15 Mei 2008 mendatang akan mendapat giliran mengikuti ujian berstandar nasional.

Tujuan diadakannya UASBN itu, dinilai banyak kalangan mengatakan untuk memantau dan mengevaluasi pendidikan. Tujuan dilakukan evaluasi belajar untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan (UU Sisdiknas tahun 2003 pasal 58 ayat 1).

Terlebih lagi, terkait materi mata pelajaran yang akan diujikan. Semula, sempat dinyatakan merupakan kewenangan pihak Pemerintah Propinsi masing-masing. Selain itu, mengenai ambang batas kelulusan juga ditentukan pihak Propinsi.

“Kita tidak mengetahui pasti, apakah mekanisme baru itu telah tersosialisasi secara baik kepada siswa, khususnya orangtua/wali siswa. Namun, yang pasti, perubahan itu sejatinya dapat segera menambah wawasan untuk mempersiapkan diri siswa jelang pelaksanaan UASBN,” jelas Ali Wansyah Ritonga ketua Fraksi Reformasi DPRD Labuhanbatu.

Karena, ujarnya, perubahan mekanisme yang saban terjadi tidak tertutup kemungkinan akan menjadikan bingung pihak orangtua siswa. Terlebih lagi, sisa waktu persiapan siswa yang makin sempit.

“Setidaknya untuk persiapan dapat mengikuti berbagai try out,” katanya.

Selain itu, ketika beredar wacana tentang penentuan materi mata pelajaran yang diujikan menjadi kewenangan pihak Propinsi. Itu, dinilainya sangat dapat membantu bagi daerah masing-masing dalam memacu kemajuan pengetahuan peserta didik. Terlebih lagi dalam pengembangan moralitas siswa. Sebab, untuk ke arah itu, pihak Propinsi dan Pemkab/Pemko masing-masing dapat menetapkan mata pelajaran Agama sebagai salahsatu materi yang diujikan.

“Seharusnya, salahsatu materi yang diujikan adalah mata pelajaran Agama. Itu, untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan agama dan moral anak,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Jamaren Ginting mengungkapkan, kalau materi pelaksanaan UASBN untuk SD mendatang adalah Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.

Alasannya, itu sesuai dengan prosedur operasi standar ujian nasional dari Badan Standar Pendidikan Nasional (BSPN).

“Prosedur materi pelajarannya sesuai BSPN,” terangnya.

Tinggal hanya, tambahnya untuk penetapan ambang batas kelulusan merupakan kewenangan pihak sekolah masing-masing.

“Penentu standar kelulusan sesuai sekolah masing-masing,” bebernya.

Tapi, Jamaren bilang, meski pihak dinas tidak memiliki kewenangan dalam penentuan ambang batas kelulusan itu, untuk Labuhanbatu sendiri, akunya pribadi, mesti memiliki standar didigit point 6. Dan, minimalnya 5.

“Kalau Labuhanbatu idealnya sesuai standar nilai 6. Dan serendahnya nilai 5,” pungkasnya.

Disebutkannya, di Labuhanbatu tak kurang dari 651 sekolah SD Negeri yang ada. Sedangkan, untuk SD Swasta ketersediaan sekira 81 unit sekolah. Dan, tak kurang dari 23074 peserta pada Selasa-Kamis (13-15) Mei 2008 mendatang akan melaksanakan ujian akhir untuk kalangan peserta didik di SD.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: