Jaringan Listrik di Setdakab Labuhanbatu Mulai ‘Tua’

* Pembenahan Ulang Laik Dilakukan

Usia jaringan instalasi listrik yang ada di Kantor Bupati Labuhanbatu di jalan SM Raja Rantauprapat sudah selayaknya untuk dirombak ulang dan dilakukan pembenahan lebih lanjut. Itu, terlihat dari kian meningkatnya penggunaan arus listrik yang terjadi dari waktu ke waktu di jajaran setdakab Labuhanbatu. Baik dalam meningkatnya jumlah sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan kegiatan Pemerintahan di Labuhanbatu juga dengan kondisi usia jaringan yang telah mencapai belasan tahun.
Demikian dikatakan Hopner Kepala Bagian Umum Setdakab Labuhanbatu, Selasa (6/5) di ruang kerjanya.
Alasannya, dengan kondisi jaringan instalasi listrik yang telah tua, tidak tertutup kemungkinan akan berdampak pada daya tahan jaringan yang kurang optimal. terlebih lagi, dengan makin tingginya mobilitas aktifitas di jajaran setdakab Labuhanbatu dalam pemakaian arus listrik milik PT PLN.
“Contohnya, sekarang di hampir setiap ruangan yang ada telah mempergunakan komputer dalam mempersiapkan berbagai berkas-berkas yang dibutuhkan. Dan, tidak ketinggalan penggunaan berbagai barang-barang elektronik pendukung lainnya. Itu semua, secara pasti membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Terlebih lagi, ketika waktu-waktu padat kegiatan,” terangnya.
Dengan kondisi demikian, orientasi pemanfaatan dan penyediaan jaringan yang sebelumnya telah tersedia, kini sudah tidak memadai lagi. Makanya, tegasnya, pihaknya sesegara mungkin akan mengusulkan program perombakan dan pembenahan jaringan instalasi listrik di jajaran Setdakab Labuhanbatu itu.
Meski tidak menyebutkan penggunaan arus listrik perbulannya, Hopner memastikan daya listrik yang terpakai terus meningkat dari tahun ke tahun.
Usulan itu, menjadi hal yang ditunggu-tunggu pihak Legislasi setempat. Dan, sedapat mungkin akan merespon kegiatan pembenahan itu. Alasannya, dengan kondisi terkini yang ada di pusat kendali Pemerintahan daerah setempat cukup memprihatinkan. Dan, tidak tertutup kemungkinan akan berpotensi pada terjadinya hal-hal negatif yang berdampak pada kurang optimalnya pelaksanaan Tupoksi masing-masing di tiap kantor Setdakab Labuhanbatu.
“Ya, sudah sepantasnya kita layak untuk meresponnya. Sebab, bila kondisi jaringan yang tidak memadai terus dipaksakan akan membuat dampak kurang optimalnya pelaksanaan tugas yang ada,” papar Jahotman Sinaga salahseorang Anggota DPRD Labuhanbatu dari Komisi D yang membidangi masalah infrastruktur itu.
Namun, tambahnya, dalam usulan program itu nantinya, pihak legislasi tetap menyarankan pengerjaannya mesti berorientasi yang jelas kemasa mendatang. Dalam hal ini, tingkat optimalisasi jaringannya mesti terukur dan terencana.
“Pihak Pemkab lebih mengetahui masalah teknisnya. Makanya, orientasinya mesti berwawasan pengembangan kedepan,” tegasnya.
Alasannya, seiring dengan kian meningkatnya penggunaan arus listrik di jajaran Pemerintahan itu, mesti juga dibarengi dengan tumbuhnya kesiapan jaringan yang memadai. Sehingga, kedepan tidak lantas persoalannya hanya seputar penyediaan pendukung jaringan listrik.
Begitu pun, Jahotman tetap mengingatkan kepada seluruh instansi Pemerintahan yang ada di Labuhanbatu untuk dapat mendukung program pemerintah pusat dalam berhemat listrik. “Dalam hal ini, manakala pengerjaan tugas yang mempergunakan daya listrik telah selesai, juga berbagai peralatan elektronik yang membutuhkan arus listrik segera dimatikan.

Sehingga, penggunaan arus listrik tidak tinggi. Selain mendukung program pemerintah pusat dalam kegiatan menghemat arus listrik, juga secara pasti akan dapat menekan laju pengeluaran keuangan pemerintah daerah dalam membayar penggunaan arus listriknya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: