Ruang Rapat Kantor Bupati Terbakar

* Kerugian Sementara Mencapai Rp30 Juta

Kebakaran yang terjadi di ruang rapat Bupati Labuhanbatu kini dalam penyidikan pihak Kepolisian. Itu, setelah dilakukan olah TKP oleh pihak Kepolisian REsort Labuhanbatu dengan pihak PT PLN Cab Rantauprapat.


Sementara waktu, asumsi disimpulkan, terjadinya kebakaran pada ruang Rapat di Kantor Bupati Labuhanbatu itu merupakan insiden yang terjadi disebabkan korsleting arus pendek listrik di salahsatu mesin pendingin ruangan (AC)nya.
MEski demikian, pihak Kepolisian kini masih mengamankan beberapa peralatan dan material lainnya yang menjadi sumber dan korban kebakaran itu.
“Kita (Mapolres Labuhanbatu) dengan pihak PLN telah olah TKP. Dan, asumsi sementara terjadi karena arus pendek listrik dari AC di ruangan itu,” terang Kapolres Labuhanbatu AKBP Toga Habinsaran Panjaitan melalui KAsat Reskrim Mapolres Labuhanbatu AKP Mara Junjung Siregar, Selasa (6/5) via selularnya.
Tambahnya lagi, beberapa alat bukti kini masih diamankan pihaknya. Dan, lokasi TKP telah dipasangi garis polisi untuk mengamankan lokasi.
Namun, Junjung belum menginformasikan saksi-saksi yang telah dimintai keterangannya, serta potensi pengembangan tentang kemungkinan adanya human error dalam insiden itu.
Hasil amatan di lokasi, beberapa kuris rapat di ruangan itu kini dalam kondisi tidak teratur dan lantai dalam kondisi kotor. Demikian halnya dengan plafon dan langit-langit ruangan yang sempat menghitam disebabkan kepulan asap yang muncul dampak dari kobaran api yang muncul.
Serta, kaca-kaca jendela dan pintu ruangan itu juga terlihat jelas dalam kondisi pecah dengan berserakannya kepingan-kepingan di lantai ruangan itu.
Tak hanya itu, belasan alat pengeras suara (microphone) juga masih berserakan dan terlantar. Sehingga, terkesan berantakan dan bersemberautan.
Kerugian yang dialami untuk sementara diperkirakan hingga mencapai Rp 30-an juta. Itu, tidak tertutup kemungkinan bakal bertambah. Sebab, beberapa material lainnya yang ada di ruangan itu, meski terlihat secara fisik masih dalam kondisi baik, namun tidak tertutup kemungkinan telah rusak. Sehingga, masih dibutuhkan adanya pemeriksaan oleh pihak teknisi dan ahlinya.
Demikian dikatakan Hopner Kepala Bagian Umum setdakab Labuhanbatu di ruang kerjanya.
“Kita perkirakan, sementara kerugian mencapai Rp30 juta. Tapi, itu belum dihitung dengan kemungkinan-kemungkinan masih banyaknya, material yang belum diperiksa apakah juga telah mengalami kerusakan dampakdari kejadian itu,” terangnya.
Karena, tambahnya, sementara waktu kesimpulan kerugian masih dihitung dari kerusakan-kerusakan yang terlihat dengan jelas. Seperti, kaca-kaca jendela dan pintu yang mengalami pecah. Selain itu, mesin pendingin ruangan (AC) sebanyak 2 unit yaang telah hangus terbakar dan kini telah diamankan pihak kepolisian guna penyidikan.
Selain itu, ujarnya lagi, sebanyak 7 unit kursi kini telah mengalami kerusakan yang cukup parah, dampak dari dilalap si jago merah.
“Dan, kita juga belum mengetahui pasti apakah jaringan instalasi di sana masih laik pakai. Serta, beberapa peralatan lainnya tidak tertutup kemungkinan juga kini telah rusak,” paparnya.
Sedangkan kerugian lainnya termasuk arsip-arsip negara dan milik Pemkab Labuhanbatu, Hopner mengatakan kecil kemungkinan terjadi ke arah itu. Sebab, jelasnya, ruang rapat itu hanya dipakai sebagai fasilitas pengadaan rapat-rapat. Dan, bukan sebagai tempat penyimpanan arsip dan berkas-berkas berharga lainnya.
“Kalau Arsip dan berkas penting tidak ada di simpan di sana. Hanya material-material pendukung rapat manakala dilaksanakan rapat di ruangan itu,” ungkapnya.
Jadi, untuk potensi kerugian ke arah binasanya berbagai arsip penting, pungkasnya minim kearah itu.
Sejuh ini, pihak Pemkab Labuhanbatu masih belum melakukan pembenahan-pembenahan ruangan yang berantakan itu. Di sana hanya terlihat adanya garis polisi yang sengaja dipasang pihak Mapolres Labuhanbatu.
Sayangnya, Plt Sekdakab Labuhanbatu Karlos Siahaan ketika dikonfirmasi belum bersedia memberi informasi. alasanya, sedang mengadakan rapat internal di lingkup jajaran Pemkab Labuhanbatu. Kuat dugaan Sore kemaren pihak Pemkab Labuhanbatu dalam rapat internal itu membahas terjadinya dampak kebakaran itu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: