Polres Labuhanbatu Tangkap Truk Pengangkut BBM 940 Liter

* Penimbunan BBM akan Ditindak Tegas

Sebuah mobil dump truk bermuatan BBM ditangkap Polres Labuhanbatu. Dump truk hidrolik warna merah itu digiring petugas dari sebuah SPBU Jl H Adam Malik (Jalan By Pass) Rantauprapat seusai membeli BBM jenis solar.

Informasi yang dihimpun wartawan, Jumat (16/5) sore di Mapolres Labuhanbatu, menyebutkan dump truk itu bermuatan 1 drum dan duapuluhan jeriken berisi minyak solar yang ditaksir sebanyak 940 liter. Pemiliknya disebut-sebut penguasaha dan kontraktor di Rantauprapat. Upaya itu diduga untuk menimbun BBM sebelum resmi naik bulan depan.

Beberapa orang pekerja SPBU tempat minyak itu dibeli supir dan kernet truk yang telah diamankan polisi, sibuk di Mapolres Labuhanbatu. Mereka tiba di Mapolres menumpang mobil landcruiser turbo BK 41 KI.

Seorang karyawati SPBU mengaku diperiksa sebagai saksi. Dia mengakui mengisi beberapa jeriken dan 1 drum dalam truk hidrolik warna merah BK 1417 YL pada hari Kamis (15/5) sekira pukul 22:30 WIB di SPBU Jl H Adam Malik.

Kapolres Labuhanbatu melalui Kasat Reskrim AKP M Junjung Siregar ketika dikonfirmasi, Minggu (18/5) membenarkan adanya penangkapan mobil truk bermuatan minyak solar. “Kita masih terus mengusut kasus ini. Apakah ada indikasi dugaan menyalahi perundang-undangan tentang Migas,” bebernya.

Bahkan, tambah Junjung pihaknya tidak akan mentolelir adanya upaya-upaya pihak tertentu untuk melakukan tindakan penimbunan material BBM di lapangan. Dari itu, ujarnya, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan distribusi BBM di lapangan. Khususnya lagi, pada saat-saat transisi kenaikan BBM yang ttelah direncanakan pihak Pemerintah. Baik, katanya di tingkat SPBU maupun di lokasi lainnya.

“Kita akan terus mengawasi distribusi BBM,” paparnya.

Sayangnya, imbuhnya, pihaknya hingga sekarang belum dapat memberi ketentuan tentang batasan quota pembelian BBM di SPBU. Sebab, tegasnya, kebijakan kearah itu belum diberikan.

Untuk lebih mengoptimalkan pengawasan di lapangan, pihak Kepolisian tambahnya, terus melakukan koordinasi lintas sektoral. Baik dengan pihak tim Pengawasan BBM Sekretariat daerah maupun dengan pihak PT Pertamina sendiri.

“Ya. Kita terus selalu saling informasi dalam mengawasi distribusi BBM di lapangan. Sehingga, diharap tidak ada tindakan spekulan dalam menimbun material BBM. Dan, kita tidak akan mentolelir adanya tindakan menaikkan harga BBM sebelum keluarnya ketentuan baru dari pihak Pemerintah. Jika ditemukan, akan ditindak tegas sesuai ketentuan yang ada,” tandasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: