RAT Kopkarkes PTPN4 Berangir Segera Digelar

* Anggota Berharap Laporan Neraca Dibagikan

Setelah melalui kesepakatan dengan beberapa lapisan di Koperasi Karyawan Kesejahteraan (Kopkarkes) PTPN4 Kebun Berangir, akhirnya Rapat Akhir Tahunan (RAT) segera dilakukan. Rencananya, Sabtu (24/5) mendatang.
Demikian dikatakan Gontar Ketua Kopkarkes itu, Senin (19/5).
Dari RAT itu, ujarnya, pihaknya akan melakukan laporan neraca pembukuan usaha koperasi yang dilakukan selama tahun 2007. Sehingga, seluruh anggota Koperasi akan mengetahui sisa hasil usaha (SHU) yang diraih koperasi.
“Pasti kita akan laporkan Saldo Neraca usaha. Itu untuk memenuhi tingkat transparansi usaha kepada para anggota. Kita berkewajiban dalam hal itu,” paparnya.
Meski mengalami keterlambatan pelaksanaan, namun ditilik dari masa yang tesisa, ujarnya lagi, gelar RAT di bulan Mei masih belum masuk dalam kategori terlambat. Sebab, tambahnya, batas waktu pelaksanaan RAT bagi mereka, di bulan Juni tahun buku berjalan. Selain itu, beberapa agenda yang ada di Perkebunan milik negara itu juga turut mempengaruhi keterlambatan RAT.
“Biasanya RAT dilaksanakan di bulan Maret ataupun April. Tapi, rutinitas itu terlambat, karena faktor-faktor tertentu yang ada di PTPN4. Seperti, terjadinya pergantian tampuk pimpinan Maneger di PTPN4,” tuturnya.
Selama dua tahun belakangan, sejak tahun buku 2006 lalu, jelas Gontar, beberapa jenis usaha yang dilakukan meraih untung usaha. Seperti, usaha simpan pinjam dan perbengkelan transportasi. Sedangkan, jumlah anggota Kopkarkes disana, ujarnya lebih dari 900-an peserta, sebanyak 20 persennya akan dijadikan peserta yang akan diundang dalam pelaksanaan RAT itu.
“Kita juga akan mengundang para anggota Koperasi untuk mengikuti RAT yang juga akan dihadiri oleh pejabat Dinas Koperasi dan UKM Labuhanbatu,” tandasnya.
Sebelumnya, peserta anggota Koperasi itu sempat menuding miring dengan kinerja pengurus koperasi itu yang lamban melaksanakan RAT.
Bahkan, sempat digembar-gemborkan di kalangan anggotanya, para pengurus Koperasi merasa gerah, dengan munculnya pemberitaan hal itu di media massa.
Karena RAT yang akan dibahas adalah neraca per 31 Desember 2007, sementara saat ini sudah hampir melewati lima bulan dari pelaksanaan seharusnya.
Sementara itu, Yos Batubara, salah satu pengurus Serikat Pekerja yang juga terlibat sebagai keanggotaan koperasi ketika di konfirmasi via handphone mengaku tidak tahu manahu mengenai adanya pengurus kopkarkes Berangir yang merasa kepanasan.
Namun, Yos membenarkan, sampai saat ini Koperasi kebun Berangir belum melaksanakan RAT untuk tahun buku 2007. Dari itu, lanjutnya, dalam pelaksanaan RAT nanti jika dihadiri oleh Dinas Koperasi, maka setiap pertanyaan yang disampaikan oleh peserta yang hadir sebaiknya harus dijawab oleh para pengurus. Bukan malah dijawab keseluruhan oleh Dinas Koperasi. Selain itu, neraca juga harus dibagikan kepada seluruh peserta yang hadir.
”Jangan seperti pelaksanaan RAT silam, masa neraca belum siap tapi RAT kok bisa disahkan, ini pembodohan namanya. Jika hal tersebut terulang lagi, saya kira wajar menimbulkan kecurigaan bagi anggota,” ujarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: