Realisasi Raskin Berjalan Lambat

Realisasi penyaluran beras miskin (raskin) oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sumut untuk Mei 2008 berjalan lambat.

Hal tersebut terlihat dari data realisasi yang lebih kecil daripada rencana alokasi. Berdasarkan data Bulog, hingga pertengahan Mei,realisasi penyaluran raskin baru mencapai 40.533 ton, dari rencana penyaluran sebesar 66.145 ton. ’’Secara persentase untuk 26 kabupaten/kota penyalurannya baru mencapai 67,26%,” tutur Kepala Seksi Humas Perum Bulog Divre Sumut Rusli di Medan kemarin.

Dia memaparkan, sejak Januari hingga Mei 2008, realisasi raskin di Subdivre Wilayah I Medan hanya sebesar 21.734 ton dari rencana alokasi sebesar 22.275 ton dan di Subdivre Wilayah II Pematangsiantar yang terealisasi hanya 5.920 ton dari rencana alokasi sebesar 10.724 ton. Sementara itu, bahkan di Subdivre Wilayah III Kisaran belum ada realisasi penyaluran raskin dari rencana alokasi sebesar 8.992 ton.Pada Subdivre Wilayah IV Padangsidimpuan telah terealisasi sebesar 7.126 ton dari rencana alokasi sebesar 18.144 ton.

’’Realisasi paling besar ada di Subdivre Wilayah I Medan.Di luar keempat kabupaten/kota ini, seluruhnya masih dalam penyaluran,”tuturnya. Minimnya penyaluran tersebut disebabkan ada beberapa kabupaten/kota yang terlambat dan belum mengajukan SPA sehingga Bulog diperkirakan sulit mencapai pagu raskin tahun ini.

Rusli menyatakan, beberapa kabupaten/kota yang belum mengajukan SPA, yaitu Serdangbedagai, Binjai, Pematangsiantar, Tobasamosir, Humbanghasundutan, Asahan, Labuhanbatu, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Nias, Nias Selatan, Sibolga, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara. Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemko Medan Wirya Al Rahman sebelumnya mengatakan, sejauh ini penyaluran raskin di Medan sudah sesuai kuota dan waktu.Pasalnya,mereka langsung berupaya merespons berbagai keluhan yang timbul pada RTM penerima manfaat raskin. (jelia amelida/SINDO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: