Labuhanbatu Harus Mampu Menjadi Penyuplai Daging

Kabupaten Labuhanbatu ke depan harus mampu menyuplai daging ke daerah lain. Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu H Sudarwanto S SP pada pelantikan pengurus Forum Komunikasi Peternak Labuhanbatu (FKPL) periode 2008-2013 di Dusun Sumberjo, Desa Seiraja, Kecamatan Na IX-X, Minggu (25/5).
Katanya, saat ini ternak sapi di Sumatera Utara sekitar 480.000 ekor dan di Labuhanbatu sekitar 20.000 ekor. Jumlah tersebut sangat minim jika dibandingkan dengan kebutuhan daging yang mencapai 160 ekor per hari.
Bahkan jika dikalkulasikan baru sekitar 30 % kebutuhan daging di Sumatera Utara yang bisa dipenuhi, selebihnya daging didatangkan dari luar.
“Karena itu dengan terbentuknya forum ini diharapkan jumlah ternak sapi di daerah penghasil karet dan kelapa sawit ini semakin meningkat dan ke depan agar kita mampu menjadi penyuplai daging,” ujar Wabup.
Selain itu, Wabup mengimbau agar perusahaan swasta maupun BUMN serta pihak perbankan memberikan bantuan kredit kepada warga. “Biarlah leher saya jadi jaminannya demi peningkatan kesejahteraan warga,” tandas Sudarwanto.
Pengurus yang baru dilantik dia imbau agar tidak menjadikan forum sebagai ajang berpolitik. “Tetapi jadikanlah forum ini untuk kegiatan sosial, pengembangan ekonomi dan gerakan teknis demi peningkatan taraf hidup warga,” ujarnya.
Ketua FKPL yang baru dilantik, Drs Untung Priyatno, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan baginya memimpin FKPL. Dia mengajak seluruh pengurus agar bekerja sama mengembangkan ternak di Labuhanbatu.
“Kita memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan ternak, alasannya di sini tersedia pakan ternak yang melimpah. Namun kita belum memanfaatkannya secara maksimal,” ujar Untung.
Dia juga mengajak pengurus memanfaatkan potensi Labuhanbatu demi peningkatan pendapatan. “Saya yakin jika ini kita kelola dengan baik maka Labuhanbatu pasti mampu menjadi daerah penyuplai ternak,” ujarnya lagi.
Pengurus Forum Komunikasi Peternak Labuhanbatu periode 2008-2013, Ketua Drs Untung Priyatno, Sekretaris Janpiter Batubara dan Bendahara Azwar. Acara pelantikan FKPL dihadiri para kepala dinas, Pimpinan BRI Rantauprapat dan para peternak se-Labuhanbatu. (S25/x/SIB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: