Pemkab Labuhanbatu Gandeng Investor Korea Bangun Pelabuhan Internasional Berbiaya Rp3 Triliun

Pemkab Labuhanbatu menggandeng investor dari Korea Selatan, Rebirth Co Ltd untuk membangun pelabuhan laut bertaraf internasional di Panai Hilir. Rencananya secara bertahap pembangunan pelabuhan yang dikhususkan untuk ekspor CPO itu akan dijadikan kawasan industri terpadu dengan estimasi biaya mencapai Rp 3 triliun.
Hal itu diungkapkan Bupati Labuhanbatu HT Milwan kepada wartawan usai penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding-MoU) antara Pemkab Labuhanbatu dengan Presdir Rebirth Co Ltd Mr Choi Byung Chang di Hotel Grand Angkasa Medan, Rabu (28/3).
Menurut Milwan, pembangunan pelabuhan di atas lahan 500 hektare itu sangat penting dan menguntungkan sebab dapat memperpendek jarak. Selama ini hasil-hasil perkebunan dari Labuhanbatu seperti Crude Palm Oil (CPO) dan karet diekspor melalui Pelabuhan Belawan yang jaraknya relatif cukup jauh. Sehingga bila pelabuhan itu selesai maka biaya pengangkutan dapat dihemat.
Mengenai status lahan lokasi pelabuhan yang sebagian merupakan hutan lindung, Milwan mengatakan, tahapan-tahapan itu akan dilalui sesuai dengan prosedur yang berlaku. “Saya yakin pemerintah pusat menyetujui pengalihfungsian kawasan hutan,” kata Milwan optimis.
Milwan berharap dukungan pemerintah pusat dan Pempropsu untuk mewujudkan rencana pembangunan pelabuhan terutama dalam peningkatan infrastruktur jalan dan perizinan. “Kami yakin apabila peluang investasi ini dapat dimanfaatkan serta diwujudkan, maka Labuhanbatu akan lebih cepat berkembang,” katanya.
GUBSU SAMBUT BAIK
Sementara itu, Gubsu Drs Rudolf M Pardede menyambut baik kehadiran investor Korea Selatan yang akan menanamkan modalnya di Sumut khususnya Labuhanbatu. Hal itu disampaikan Gubsu dalam kata sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Investasi dan Promosi Sumut Dr Hj Sabrina MSi, saat penandatangan MoU tersebut.
Pempropsu mengucapkan terima kasih kepada Rebirth Co Ltd yang siap dan bersedia bekerjasama membangun pelabuhan laut di Labuhanbatu. “Sambil menikmati alam Sumatera Utara, para investor dapat berinvestasi di daerah kami,” kata Gubsu.
Sedangkan Chairman Rebirth Co Ltd Mr Choi Byung Chun dalam paparannya mengatakan, siap dan bersedia bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu untuk mewujudkan pelabuhan laut internasional. Untuk itu pihaknya secara estafet akan mengumpulkan data dan informasi yang lebih akurat, termasuk masalah perizinan, studi kelayakan meliputi aspek teknis ekonomi dan lingkungan, rancang bangun pelabuhan dan hinterland, komitmen invesatsi dan komitmen penyelenggara/operator pelabuhan yang sifatnya memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.
Penandatanganan Mou tersebut dihadiri ketua dan sejumlah anggota DPRD Labuhanbatu, anggota DPRDSU, para asisten, para Kadis seperti Kadis Kehutanan Labuhanbatu Ir Bonar Sormin, Kadis Perindag Drs Darpinsyah Siregar dan Kabag Humas Drs Sugeng. (PR1/x/SIB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: