Pasca Kenaikan BBM, Harga Sembaka Belum Naik

Pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), harga berbagai bahan bangunan maupun sembako belum memperlihatkan kenaikan yang signifikan.
Di Kabupaten Labuhanbatu, dari hasil survei dan monitoring Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dikabarkan kenaikan harga hanya mencapai sekitar 10 persen, itupun untuk tingkat pengecer.
Hasil monitoring toko dari 3 daerah seperti, Rantauprapat, Aek Nabara dan Sigambal hingga minggu ke IV bulan Mai 2008, harga sembako yakni, untuk beras merk PTN, di minggu ke III mencapai Rp6150 per kg, sedangkan minggu ke IV Rp6500 per kg.
Untuk merk Napoleon minggu ke III Rp6800 per kg, sedangkan minggu ke IV Rp7000 perkg.
Sementara untuk Minyak Goreng (Migor) putih, perbandingan minggu ke III dan ke IV yakni Rp14200 perkilogram menjadi Rp15000 perkg. Migor kuning Rp10600 perkg menjadi Rp11000 perkg.
Sementara untuk gula, dari Rp6500 perkg menjadi Rp7000 perkg. Bahan bangunan seperti semen merk tiga roda pada minggu ke III Rp57000 perzak menjadi Rp58000 perzak di minggu ke IV. Untuk semen merk Andalas dari Rp54000 perzak menjadi Rp58000 perzak.
“Dari dulunya, setiap minggu kita melakukan monitoring harga, apalagi pasca kenaikan harga BBM. Hasil tinjau lapangan sampai minggu ke IV bulan Mai lalu dibeberapa toko, kenaikan harga memang ada, tetapi tidak terlalu berpengaruh,” kata Armaya, Subdis Sarana dan Prasarana saat didampingi Darfinsyah, Kepala Disperindag Pemkab Labuhanbatu menjawab wartawan, Senin (2/6) di ruang kerjanya.
Ditambahkan Armaya, untuk pupuk subsidi, harga tingkat toko juga belum mempengaruhi. Untuk merk NPK sekitar Rp10000 perkg, Urea Rp6000 perkg, TSP Rp11000 perkg, KCL Rp9400, Z Rp520 perkg dan Super Dolomit M 100 Rp580 perkg.
“Kita berharap kepada pedagang, janganlah menaikkan harga yang terlalu tinggi. Sebab, belum ada tetapan besaran kenaikan itu, yang resmi dari pemerintah. Perkiraan itu hasil tinjau lapangan ke toko, bukan pengecer. Jadi, kemungkinan kenaikan dari harga itu pasti ada,” tambah Darfinsyah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: