Bakal Ada Empat Tersangka di Dispaskeb

4 orang bakal jadi tersangka dugaan korupsi di Dinas Pasar dan Kebersihan Labuhanbatu.

Kepastian ini muncul setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Rantauprapat sudah menuntaskan memintai keterangan pihak yang diduga mengetahui persoalan ini. Bahkan, dua hari sebelumnya, Selasa (3/6), Kejari Rantauprapat memeriksa Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Labuhanbatu Sotar Lubis dan meminta keterangan Kepala Dinas Pendapatan (Kadispenda) Labuhanbatu Syafruddin.

Kepala Kejari (Kajari) Rantauprapat Alinafia Pohan melalui Kepala Seksi (Kasi) Intel Novhan Siregar kepada SINDO menyatakan,berdasar hasil pemeriksaan itu, hasilnya mengerucut bakal ada tersangka empat orang. ’’Kami menetapkan empat orang bakal calon tersangka dalam kasus sewa rumah- toko (ruko) di Dinas Pasar dan Kebersihan. Kami telah menemukan unsur yang melawan hukum,’’ paparnya.

Novhan menambahkan, berdasar hasil pemeriksaan sebelumnya, tiga orang pejabat di Dinas Pasar dan Kebersihan yang bakal menjadi tersangka sempat memberi pengakuan bahwa mereka ditekan Sotar Lubis. ’’Ya, pengakuan ini sudah masuk menjadi bagian kesimpulan tadi,bakal ada empat calon tersangka,” ujarnya. Sayangnya, saat didesak siapa ketiga orang itu, jaksa muda ini tidak mau menyebutkan namanya.

’’Namanya enggak usahlah disebutkan biar orang-orang itu penasaran. Jadi,mereka saling tanya siapa ya, kau atau aku,’’ tandasnya sambilsedikitsenyum. Kejari Rantauprapat juga tinggal menunggu waktu untuk mengekspos kasus ini di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

’’Kami segera mengirim hasil pemeriksaan ke Kejatisu. Setelah itu, tinggal menunggu ekspose kasus hasil pemeriksaan ini di sana. Laporannya akan diserahkan kepada Kasipidsus Kejari Rantauparpat. Dari sana yang melakukan (kemungkinan) penahanan terhadap mereka yang bakal jadi tersangka.Sabar sajalah dulu,“ paparnya. Sementara itu,Sotar Lubis saat menjalani pemeriksaan pada Selasa (3/6) sempat mengakui bahwa uang sewa ruko yang kurang sudah disetor ke kas pemkab. Dengan kondisi itu,dugaan unsur korupsi pun tidak ada lagi.

Direktur Eksekutif Lembaga Bina Masyarakat Indonesia Yos Batubara juga mendukung kinerja Kejari Rantauprapat. Apalagi dalam waktu dekat segera ditetapkan empat tersangka. Meski demikian,Yos meminta Kejari Rantauprapat tetap bersikap tegas terhadap siapa pun yang diduga terlibat.

“Saya berharap Kejari Rantauprapat bersikap tegas dan tahan terhadap godaan, yang tidak tertutup kemungkinan akan muncul.Termasuk intervensi dari pihak luar yang tidak menginginkan tegaknya hukum,“ ujarnya. (sartana nasution/SINDO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: