PEMKAB LABUHANBATU SOSIALISASIKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI

Pemkab tidak akan menolak Program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Karena, Program BLT merupakan program Pemerintah Pusat yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah daerah.
Demkian disampaikan oleh Bupati Labuhanbatu, HT Milwan yang diwakili oleh Plt Sekdakab Labuhanbatu, Karlos Siahaan dalam acara Sosialisasi Penyaluran Program Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Rabu (4/6). Yang dihadiri oleh para Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Labuhanbatu.
Lebih lanjut Karlos Siahaan mengatakan penyaluran BLT 2008 masih menggunakan basis data RTS-BLT tahun 2005, sehingga data penerima BLT mengalami perubahan karena faktor pindah, meninggal dunia, dan lain sebagainya. Untuk itu Karlos Siahaan mengingatkan kepada para Lurah dan Kepala Desa agar teliti dalam mendistribusikan Kartu BLT sehingga tidak salah sasaran.
Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Labuhanbatu, Nizamuddin, SE, Msi dalam paparannya menyampaikan bahwa penyaluran Program BLT 2008 masih berdasarkan data RTS-BLT tahun 2005. Adapun Rumah Tangga Miskin di Kabupaten Labuhanbatu berjumlah 57.333. “Pemutakhiran data akan dilaksanakan pada bulan September s/d Desember 2008 sebagai data RTS-BLT tahun 2009,” kata Nizamuddin.
Untuk mengantisipasi perubahan data yang terjadi dalam penyaluran BLT 2008, Pihak BPS Labuhanbatu bekerjasama dengan PT Pos Indonesia Cabang Rantauprapat dan Aparat Kecamatan/Desa/Kelurahan akan melakukan Verifikasi terbatas melakukan cek keberadaan dan kelayakan dari 57..333 RTS dengan kriteria 14 variabel sehingga diperoleh Daftar RTS yang layak menerima BLT 2008 (yang tidak layak dicoret dari basis data RTS BLT).
Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Rantauprapat, M. Hanafi dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa PT. Pos Indonesia dalam penyaluran BLT 2008 mempunyai tugas melakukan pencetakan Kupon BLt, melakukan pendistribusian Kupon BLT, Menyerahkan Kupon BLT melalui Lurah dan Kepala Desa, Membayar dana BLT kepada RTS dan melaporkan realisasi penyaluran dana RTS kepada Departemen Sosial.
Kemudian M. Hanafi menyampaikan tahapan-tahapan yang dilakukan Kantor Pos dalam persiapan Penyerahan Kupon BLT kepada RTS dimulai dengan penyerahan Draft Nominasi RTS kepada Lurah/Kepala Desa di kantor Bupati, kemudian Lurah/Kepala Desa beserta Kepala Lingkungan/Kepala Dusun diberikan waktu 2 Hari untuk melakukan Verifikasi Daftar Nominasi RTS sebelum dikembalikan kepada pihak Kantor Pos dan meneruskannya ke Kantor Pusat untuk diolah data tsb dan diterbitkan Kupon BLT Pengganti
Setelah proses Verifikasi Daftar Nominasi selesai, PT. Pos akan menyerahkan Kupon BLT kepada Lurah dan Kepala Desa di kantor Camat untuk selanjutnya disalurkan kepada RTS melalui Kepala lingkungan/Kepala Dusun. PT. Pos Akan memberikan kompensasi kepada Aparat kecamatan dan kelurahan/Desa, berupa uang Rp. 500,- /kartu untuk Camat dan Rp. 2.250/kartu untuk Lurah/Kepala Desa dan Keling/Kadus. “Kompensasi itu merupakan wujud Apresiasi PT. Pos terhadap Camat, Lurah/Kades dan Kepling/Kadus atas bantuannya dalam penyaluran Kupon BLT”, ujar M. Hanafi.
M. Hanafi juga menyampaikan layanan informasi PT. Pos Indonesia melalui SMS Pos 8161 apabila ada masyarakat yang ingin memperolah informasi mengenai BLT, informasi realisasi pembayaran secara nasional maupun per-kota dan layanan pengaduan. “ Warga cukup mengetik “INFO BLT” kirim ke 8161 untuk mendapatkan informasi penyaluran BLT”’ kata M. Hanafi.
Di sela-sela acara, ketika ditanya kapan BLT untuk Kabupaten Labuhanbatu disalurkan, “kemungkinan dalam bulan ini Kupon BLT akan dikirimkan dari Pusat ke kantor Cabang PT. Pos, untuk informasi penyaluran BLT ketik aja “INFO BLT”, kata M. Hanafi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: