PBB Nunggak Bisa Buat SPBU

Ini aneh tapi nyata.Objek tanah yang selama ini menunggak pajak bumi bangunan (PBB),tetapi bisa mendapatkan IMB untuk SPBU.

Objek tanah ini terletak di Aek Tapa, persisnya di Jalan SM Raja Rantauprapat,Kelurahan Bakaran Batu,Kecamatan Rantau Selatan, Labuhanbatu. Di lahan sekitar 500 meter persegi ini sudah hampir selesai berdiri stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).Padahal, izin mendirikan bangunan (IMB) bisa keluar setelah tunggakan PBB sudah lunas.

Kepala Kantor Pajak Rantauprapat Edi Sofyan mengatakan, lahan itu masih memiliki tunggakan pajak yang belum dibayar hingga sekarang. “Tanah buat SPBU itu belum dibayar (pajak), kenapa ke luar IMB-nya. Sementara salah satu persyaratan IMB keluar, bayar dulu PBB-nya,“ ujarnya.

Yang lebih membuatnya heran, selama ini pihaknya juga belum pernah menandatangani hasil pengukuran luas tanah yang dimaksud. Bukan itu saja,pihaknya juga telah menerbitkan surat tagihan surat pajak tahun (SPT). Namun, tetap saja tidak direspons pemiliknya, seorang pengusaha lokal berinisial K. Menurut Edi,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu punya kewajiban menahan keluarnya IMB sampai urusan tunggakan PBB dilunasi.

“Lagian, ini untuk negara bukan untuk saya,“ kata Edi agak gusar. Pendapat Edi itu diamini dua staf di Kepala Bagian pemerintahan di Kantor Bupati Labuhanbatu. Dua staf yang tidak mau disebut namanya itu menyebutkan, IMB bisa keluar kalau seluruh persyaratan, termasuk urusan PBB sudah dilunasi.

Saat ditanya kalau sebidang tanah milik K urusan PBB-nya masih bermasalah tapi IMB sudah keluar,keduanya mendadak diam seribu basa.Semula dua staf ini mengira kalau SINDO ingin mengurus IMB sehingga tampak bersemangat melayani. Tidak puas sampai di situ, konfirmasi terus dilakukan ke staf lainnya. Pria ini juga mengatakan hal yang sama. Namun, dia lagi-lagi mendadak diam saat disinggung tunggakan PBB milik K.

“Menurut peraturan, tidak bisa keluar (IMB) kalau belum lunas PBB-nya.Saya pun kurang paham itu, orang atasan itu,“ ujarnya sambil mengelak. Kepala Kelurahan Bakaran Batu Darman Siregar dengan nada tegas menyebutkan, PBB lokasi pembangunan SPBU belum lunas.“Betul belum lunas. Setiap urusan yang bertalian dengan kita tidak saya ladeni kalau PBB-nya belum lunas. Jadi saya gak tahu dari mana dia bisa mengurusnya sampai IMB gol,“ tandas Darman.

Sekretaris Kecamatan Rantau Selatan J Darmawan mengatakan hal senada. Pihaknya tidak mengetahui pasti bagaimana prosesnya hingga K bisa mendapatkan IMB. K sendiri saat hendak dikonfirmasi tidak berhasil ditemui. Salah seorang pegawainya, Centina menyebutkan, pimpinannya sedang keluar. (sartana nasution/SINDO)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: