Hutan Dibabat, Harimau Muncul di Pemukiman Warga Siria-ria

Habisnya beberapa luas areal hutan ternyata sangat berdampak buruk. Selain merugikan negara, juga berbahaya kepada warga sekitar. Salahsatu contoh, di Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu, sebahagian besar hutan yang ada telah punah akibat tangan-tangan oknum tak bertanggung jawab.

Spontan, keadaan itu membuat penghuni hutan terpaksa mencari lokasi tempat tinggal yang baru. Di Dusun Siri-ria, kecamatan setempat, akhir-akhir ini warga sering melihat harimau memasuki kampung mereka.

“Belakangan ini kami sering melihat harimau memasuki perkampungan. Harimau itu muncul tidak pandang waktu, selain pagi dan siang, binatang buas itu juga muncul pada malam hari. Terkadang suaranya saja membuat bulu kuduk kami merinding,” kata Rahma boru Ritonga, warga Dusun Siria-ria, Kecamatan NA IX-X, kepada wartawan, Sabtu (7/6) di Rantauprapat.

Ditambahkan Rahma, pernah itu perperogok dengan harimau saat sedang menderes kebun karet miliknya. Tetapi, untung baginya, harimau tersebut berlalu tanpa tahu apa penyebabnya. Saat ini, setiap harinya warga yang ada dicekam rasa ketakutan. Mereka khawatir, suatu saat keadaan itu akan berdampak buruk bagi mereka, apalagi sebelumnya mereka telah membunuh satu ekor anak harimau yang mencoba masuk ke areal perkampungan warga. Untuk itu, warga yang ada meminta kepada instansi yang terkait agar segera mungkin mengambil tindakan, khususnya untuk ketentraman dan keamanan warga.

“Kami sangat takut kalau-kalau induk harimau yang kami bunuh akanya itu datang kembali. Makanya kami mintalah kepada semua yang terkait agar secepat mungkin bertindak, sebelum ada korban,” ucap Rahma.

Camat NA IX-X M Yunus Ritonga, ketika dihubungi maupun melalui pesan singkat, via selular berulangkali tidak bersedia menjawab.

Sementara itu, Plt Setdakab Pemkab Labuhanbatu Karlos Siahaan juga saat dihubungi wartawan hanya mengatakan, bahwa ia belum mengetahui permasalahan itu. Hal itu dikarenakan ianya masih berada di Jakarta. Disinggung tentang adanya dugaan dikarenakan hutan yang ada telah hampir punah dan upaya yang akan dilakukan, lagi-lagi Karlos menjawab hal yang sama.
“Masalah itu belum tahu saya, nantilah saya cek, karena saya masih di Jakarta,” kata Karlos enteng.

Puji Hartoyo, Sekretaris Komisi B DPRD setempat meminta kepada aparat terkait untuk mengambil tindakan. Selain membahayakan, harimau itu juga dinilainya binatang langka dan harus lindungi. Dia menduga, kehadiran harimau kepermukiman warga diakibatkan tempat yang selama ini dijadikan berkembang biak oleh harimau, telah dirusak bahkan hampir punah.

“Pemerintah, khususnya Dinas Kehutanan harus secepatnya bertindak, sebab ini berkaitan dengan hutan. Apalagi harimau telah memasuki perkampungan. Jangan setelah jatuh korban, baru aparat berbuat, itu namanya terlambat. Masyarakat disana harus kita lindungi, tidak ada cerita tidak, apalagi saat ini warga telah merasa resah dan ketakutan, karena ini masalah nyawa,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: