Polsek Aek Natas Gagalkan Illegal Loging

* Tangkap 2,5 Ton Kayu Rimba Campuran

Polsek Aek Natas Labuhanbatu berhasil gagalkan Ilegal loging. Pasalnya, truk yang memuat kayu jenis rimba campuran bervolume 2,5 ton, diduga kuat tidak memiliki dokumen resmi kepemilikan itu, dimuat dengan truk colt diesel bernopol BK8853YI. Kayu yang berasal dari Desa Sibitu kecamatan setempat itu, berhasil ditangkap sekira jam 03.00 WIB, Sabtu (7/6).

Selain menahan Kayu dan truk pengangkutnya, pihak polisi juga berhasil mengamankan seorang supir truk KBH, warga Desa Sibito dan AM, 33 warga Des serupa diduga sebagai pemilik kayu.

Penangkapan itu dibenarkan Kasat Reskrim Polres Labuhanbatu, AKP Mara Junjung Siregar.

“Sekarang kedua pelaku masih dalam pemeriksaan di Mapolres Labuhanbatu,” bebernya ketikan ditemui di Mapolres Labuhanbatu di kawasan HM Thamrin Rantauprapat.
Katanya lagi, sesuai hasil pemeriksaan sementara, kayu itu rencananya akan dihantar ke rumah salahsatu warga di daerah Kampung Pajak kecamatan Kualuh Selatan Labuhanbatu.

“Rencananya material kayu itu akan dibawa ke rumah salahsatu warga Kampung Pajak,” ujarnya. Bahkan, tambah Kasat lagi, truk tersebut telah berhasil membawa kayu sebanyak dua kali. “Ini ketiga kalinya. Sebelumnya, dua kali berhasil lolos. Tapi, untuk ketiga kalinya, langsung berhasil digagalkan dan ditangkap pihak Polsek,” paparnya.

Dugaan sementara, ujar Junjung, keduanya akan dijerat sesuai UU No41 tahun 1999 tentang Kehutanan dan juga Permenhut No51 tahun 2006, “Karena tidak memiliki ijin penebangan dan tidak dilengkapi surat-surat resmi dalam melakukan pengolahan kayu,” katanya.

Namun, pihak Kepolisian, imbunya lagi, masih akan terus mengembangkan penyidikan untuk memperoses lebih jauh masalah ilegal loging itu.
“Kita masih akan lakukan penyidikan lanjutan, untuk pengembangan kasus itu,” tandasnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: