Proyek Kolam Renang Rantauprapat Segera Diusut

Kapolres Labuhanbatu AKBP Drs Toga Habinsaran Panjaitan memerintahkan Kasat Reserse Kriminal AKP M Jungjung Siregar segera melakukan menyelidiki dugaan korupsi proyek pembangunan kolam renang Rantauprapat, yang ditaksir senilai Rp 2 miliar.

“Pak Kasat, tolong dilidik informasi mengenai kolam renang itu dan dananya diaudit,” ucapnya di hadapan puluhan wartawan di ruang Rupatama, Mapolres Jalan MH Thamrin Rantauprapat, saat acara coffee morning atau temu ramah antara Kapolres dengan para wartawan, Selasa (10/6).
Instruksi itu dikeluarkan Kapolres setelah mendengar info dari salah seorang wartawan media cetak ketika Kapolres berbicara penanganan kasus korupsi. Sebagai langkah awal, lanjutnya, Kasat Reskrim diminta untuk mendapatkan kontrak proyek, bestek dan dokumen perkembangan realisasi fisik kolam renang. “Itu dulu yang harus dipelajari,” ujarnya.
Menurut mantan Kasat III Tipikor Poldasu dan Penyidik di Reskrim Polda Metro Jaya itu, langkah penyelidikan proyek tersebut sebagai upaya untuk mengkoreksi kinerja Pemkab Labuhanbatu menjalankan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu. Koreksi diperlukan untuk perbaikan kinerja. “Kita harus koreksi kinerja Pemkab, agar mereka tidak sesuka hati dalam bekerja,” tegasnya seraya menyindir joroknya kota Rantauprapat dan minimnya pengelolaan taman, termasuk Taman Makam Pahlawan Rantauprapat.
Informasi yang disampaikan kepada Kapolres saat temu ramah itu, proyek kolam renang tersebut telah dianggarkan dana Rp 2 M dalam dua tahun anggaran di pos Dinas Kimprasda tahun 2006-2007. Namun fakta yang terlihat di lapangan, dengan dana Rp2 M itu yang terbangun saat ini hanya pondasi yang berbentuk cor-coran. Menurut pemberi informasi kepada Kapolres, antara dana dan realisasi fisik dinilai tidak seimbang.
Ketua LSM Labuhanbatu Coruption Watch (LCW), Abdul Fatah, mengemukakan sempat beberapa kali mengekspos kasus proyek kolam renang ini. “Dananya harus diaudit, karena kita menilai dana dengan realisasi fisik tidak seimbang,” sebutnya.

*mawardi berampu
MedanBisnis – Rantauprapat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: