2008, Dana Demapan ke Labuhanbatu Berkurang

Dana segar untuk membantu program Desa Mandiri Pangan (Demapan) untuk Labuhanbatu tahun 2008 berkurang. Itu, terlihat dari alokasi yang diterima pada 2 tahun buku sebelumnya masing-masing dua desa, tetapi kini hanya untuk satu desa.

Namun, pihak Kantor Ketahanan Pangan Labuhanbatu tetap melakukan seleksi Data Desa Rumah Tangga (DDRT).
“Tahun 2008, berkurang dari dua desa menjadi satu desa,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan Labuhanbatu Syahbella Hasibuan Senin (16/6) di kamar kerjanya.
Disebutkannya, dua tahun terakhir, Labuhanbatu menerima kucuran dana untuk program Demapan masing-masing untuk dua desa. Setiap desa menerima Rp 80 juta untuk penguatan permodalan usaha pertanian yang didanai APBN.
Meski begitu, pihaknya telah melakukan seleksi beberapa desa yang laik untuk mendapatkannya, seraya terus melakukan koordinasi dengan instansi lain untuk mensukseskan kegiatan itu. “Ada beberapa desa yang telah diajukan. Dan, meski hanya satu yang bakal mendapatkan bantuan, tapi verifikasi nama-nama desa terus dilakukan,” paparnya.
Acuan pelaksanaan DDRT, salah satunya melihat permodalan dan ketertinggalan desa pada beberapa aspek meliputi lemahnya modal usaha, akar kemiskinan yang melingkupi petani.
Dalam memberi bantuan modal, katanya, organisasi di desa yang melibatkan berbagai pihak menetapkan individu pengelola bantuan. Hal itu, kata Syahbella, dilakukan melalui rembuk desa. Oleh pelaksana organisasi desa itu, selanjutnya menentukan RUK dalam mengelola keuangan.
Tahun 2006, katanya, dua desa yang menerima bantuan masing-masing Rp 80 juta yakni Desa Pematang dan Tanjung Haloban. Sedangkan, tahun 2007 yang menerima bantuan Desa Pangkalan, Aek Natas dan Desa Sijawi-jawi, Panai Hulu. Sementara, beberapa nama desa yang telah diverifikasi untuk penerima dana tahun 2008, adalah Desa Tanjung Medan, Bilah Barat dan Sungai Rakyat, Panai Tengah.

*fajar/mawardi
MedanBisnis – RANTAUPRAPAT

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: