Baru 16 Parpol Serahkan Data

33 parpol yang lolos verifikasi administrasi di KPU pusat, pada verifikasi faktual hanya 16 parpol menyerahkan data ke KPU Labuhanbatu.

Ketua KPU Labuhanbatu Suhari Pane mengatakan,kehadiran parpol di Labuhanbatu terus bertambah bila dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 51 parpol,termasuk partai lama yang telah lulus verifikasi administrasi, tercatat 33 telah terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Labuhanbatu. Dari jumlah itu, baru separuh yang memberikan data untuk diverifikasi faktual.

“Verifikasi faktual ini tahapan penting. Lolos tidaknya sebuah parpol bisa ikut Pemilu 2009 bisa diukur dari verifikasi faktual,”ujarnya. Persyaratan parpol menjadi peserta Pemilu 2009 selain berstatus badan hukum sesuai UU No 2/2008 tentang Partai Politik, juga kepengurusan lengkap sedikitnya di 2/3 dari jumlah provinsi.

Kemudian, memiliki kepengurusan lengkap dan paling sedikit 2/3 jumlah kabupaten/ kota di provinsi. Parpol juga harus memiliki keanggotaan minimal 1.000 orang di tiap kabupaten/ kota. Ini dibuktikan dengan adanya tanda kartu anggota yang masih berlaku. Menurut Suhari Pane, jumlah batas keanggotaan itu bisa berbeda dengan kabupaten/ kota lainnya.

Sebab, hitungannya bergantung pada jumlah penduduk dengan perhitungan seperseribu dari jumlah penduduk. KPU Labuhanbatu tidak sekadar menerima data begitu saja. Inilah yang disebut verifikasi faktual melakukan kunjungan ke setiap sekretariat parpol yang ada, bertatap muka dengan pengurus partai terutama ketua, sekretaris, dan bendahara. Serta mengambil bukti 100 orang anggota dari jumlah minimal 1.000 orang per parpol,”paparnya.

Rencananya, pengumuman hasil verifikasi faktual disampaikan pada Minggu (29/6). Sementara itu, KPU Labuhanbatu kemarin memverifikasi faktual Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).Penyelenggara pemilu itu menyambangi sekretariat partai di Jalan SM Raja Rantauprapat. Anggota KPU Labuhanbatu Hasan Basri menyebutkan, hari kedua kunjungan ke kantor partai, belum ada masalah.

Namun, khusus susunan kepengurusan wakil ketua partai, pihaknya hanya menerima hasil yang legal dari rapat pleno parpol bersangkutan. “Disertai dengan berita acara. Kami tidak menerima wakil partai tanpa pleno,dan harus ada berita acara, tidak hanya tunjuk-tunjuk begitu,“ tandasnya di hadapan pengurus PPRN.

Ketua DPD PPRN Labuhanbatu Parulian Siahaan mengklaim bahwa partainya bakal lolos verifikasi faktual. Hal senada juga dikatakan WakilKetuaDPDPPRNLabuhanbatu Haris Nixon Tambunan. Partainya juga menargetkan minimal tujuh kursi di legislatif pada Pemilu 2009 nanti. (sartana nasution/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: