Kejari Rantauprapat Tetap Usut Dugaan Korupsi Pilgubsu

Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Rantauprapat memeriksa 242 lurah dan kepala desa (Kades) di Labuhanbatu terkait kasus dugaan korupsi dana pemutakhiran Pilgubsu beberapa waktu lalu. Hal itu dikemukakan Kajari Rantauprapat, melalui Kasi Intel Novhan Siregar SH, kepada wartawan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Setelah memeriksa 22 camat di Labuhanbatu, kita juga memeriksa 242 lurah dan kepala desa. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti perintah Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara terkait dana pemutakhiran Pilgubsu lalu,” paparnya.
Novhan mengaku, baru-baru ini telah memeriksa 24 Kades, masing-masing 18 Kades di wilayah Kecamatan Marbau dan 6 Kades dari Kecamatan Silangkitang. Ditambahkannya, seharusnya pada 20 Januari lalu, dana pemutakhiran data tersebut sudah diterima oleh Lurah dan Kades. Namun kenyataannya, uang itu baru diterima pada 29 Mei dan itu merupakan uang penggandaan.
“Berdasarkan hasil pemeriksaan, selama ini Kades dan Lurah mendahulukan uangnya sendiri untuk menutupi keperluan pendataan. Sebab, uang itu cair setelah terlebih dahulu seluruh Camat diperiksa beberapa minggu lalu. Untuk membuktikan di mana uang itu sekarang masih mengendap kita masih melakukan pemeriksaan terhadap seluruh Camat, Lurah dan Kades,” tegasnya.
Novhan menjelaskan, jumlah dana pemutakhiran data Pilgubsu seluruh Sumatera Utara berjumlah Rp 13 miliar. Dana tersebut dibagi dalam tiga poin, salah satunya dengan kode F1.1 untuk pembagian dana setiap Kecamatan. “Setiap kecamatan mendapat Rp 3,4 juta sampai Rp 3,6 juta sesuai dengan jumlah penduduk masing-masing kecamatan,” tukas Novhan.
Pihaknya akan memeriksa Badan Pemerintahan Masyarakat Desa (BPMD), Dinas Kependudukan Keluarga Berencana dan Catatan Sipil (DKKBCS), Badan Pusat Statistik (BPS) dan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Rantauprapat selaku penasehat tekhnis pemutakhiran data dalam Pilgubsu 2008.

*mawardi berampu

MedanBisnis – Rantauprapat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: