Calon Penumpang KA masih Normal

* Pengiriman Dokumen malah Meningkat

Jumlah penumpang Kereta Api (KA) dari Rantauprapat ke berbagai jurusan belum meningkat. Sebab, terlihat dari masih stabilnya jumlah calon penumpang yang ingin memanfaatkan moda transportasi darat milik BUMN itu.

Meski demikian, diprediksi dalam sepekan kedepan, berpotensi akan terjadi kenaikan secara signifikan. Soalnya, memasuki fase musim liburan anak sekolah dan ditambah lagi musim seleksi penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN/S). “Sekarang jumlah calon penumpang masih normal. Itu, terlihat dari jumlah penumpang yang ada,” jelas Suyatno kepala Stasiun Kereta Api Rantauprapat, Jumat (20/6) di Rantauprapat.

Kata kepala Stasiun yang baru menjabat 3 hari itu menggantikan Budi Santoso pejabat sebelumnya, indikasi terjadinya kenaikan jumlah calon penumpang dapat dilihat secara sederhana. Yakni, kata dia, ketika terjadinya kehabisan persediaan tiket yang ada. “Mengetahuinya secara sederhana, dengan habisnya persediaan tiket yang disediakan,” ujarnya.

Sementara ini, bebernya, hal itu belum terlihat. Bahkan, persediaan tiket di loket-loket pembelian dan pemesanan masih tresedia.

Namun, kenaikan itu, ujarnya, masih berpotensi terjadi. Sebab, seperti pada tahun sebelumnya, ketika memasuki masa liburan sekolah dan masa penerimaan mahasiswa baru di berbagai PTN di Medan memicu lonjakan terjadinya kenaikan calon penumpang. Untuk mengantisipasi hal itu, katanya, pihaknya telah berencana menambah jumlah gerbong penumpang sebanyak 2 unit dari sebelumnya. “Selama ini, setiap pemberangkatan Kereta Api sebanyak 8 gerbong dalam rangkaian. Yakni, 5 gerbong kelas bisnis, 2 gerbong kelas eksekutif dan 1 restorika. Tapi, ketika terjadi lonjakan, akan ditambah menjadi 7 gerbong kelas bisnis,” paparnya.

Kiriman Dokumen Meningkat

Namun, justru terjadi peningkatan kedatangan pengiriman barang dan kedatangan barang ke kota Rantauprapat yang memanfaatkan jasa pengiriman cepat via Kereta Api. Tak tanggung, sedikitnya 30 persen terjadi kenaikan jumlah barang yang datang dari kota Medan ke Rantauprapat. Meski pergiriman barang dari Rantauprapat ke berbagai kota juga mengalami lonjakan. “Paling banyak jumlah barang yang datang dari Medan ke Rantauprapat. Sedikitnya sekira 30 persen,” ujar Sidray Girsang kepala perwakilan CV SMA pengiriman barang kilat via bagasi Kereta Api.

Jenis pengiriman barang yang dominan terjadi peningkatan, kata dia lagi, adalah jenis dokumen-dokumen. Meski demikian untuk berbagai jenis juga mengalami hal serupa, terutama terkait barang-barang garment. “Paling menonjol kenaikannya adalah pengiriman barang dari Medan ke Rantauprapat untuk jenis dokumen. Mungkin karena akan memasuki tahap tahun ajaran baru dunia pendidikan,” tandasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: