Pembangunan Panton Ditunda

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menunda pembangunan sarana penyeberangan air atau panton di Desa Sena,Kecamatan Pangkatan, senilai Rp500 juta untuk mencegah konflik di masyarakat.

Pasalnya, ada oknum ketua kelompok tani di desa tersebut yang mengklaim panton itu akan menjadi miliknya. Hal itu dikhawatirkan memicu konflik karena warga lain menganggap sarana itu sebagai milik umum. ’’Pembangunan panton akan dilakukan jika sudah ada kesepakatan antarwarga,’’ ujar Kepala Desa Sena Saudin Saragih kepada SINDO kemarin.

Saat ini,di daerah tersebut diperkirakan lebih dari 10 kepala keluarga (KK) yang sangat membutuhkan panton agar bisa menyeberang ke desa lain.Pembangunan panton ini juga dikritisi sejumlah pihak karena proyek tersebut tidak masuk dalam hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang).

Salah seorang anggota DPRD Labuhanbatu yang menolak namanya disebutkan menyatakan, saat kunjungan atau reses belum lama ini,warga di Kecamatan Pangkatan sempat mempertanyakan masuknya proyek yang tidak pernah diusulkan mereka dalam APBD 2008.

“Warga menilai,masih banyak proyek pembangunan lain yang lebih penting daripada pembangunan panton itu.Lagipula penduduk di sekitar panton terbilang sepi. “Yang ada hanya lokasi perkebunan yang bukan milik warga setempat,”ujarnya.

Direktur Lembaga Bina Masyarakat Indonesia (LBMI) Yos Batubara menyatakan, bila memang pembangunan panton tersebut bukan merupakan keinginan warga, proyek itu perlu diperiksa. ’’Saya menduga ini merupakan bentuk korupsi. Modusnya melalui proyek fiktif,”tandasnya. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: