BMT Al Amin Utamakan Peningkatan Kualitas Perekonomian Ummat

Lembaga keuangan mikro syariah terus kian menunjukkan jati dirinya. Kini, Baitul Maal wa Tamwil (BMT) atau lebih sering disebut sebagai Lembaga Keuangan Mikro Syariah Al amin akan segera hadir di Labuhanbatu.

Sebagai salah satu model lembaga keuangan syariah sederhana yang kin banyak muncul dan tenggelam di Indonesia, gairahnya kian memunculkan jatidiri. Terlebih lagi, BMT kini kian didukung oleh faktor-faktor pendukung lainnya.

Untuk Labuhanbatu sendiri, BMT Al Amin, akan segera hadir dengan lokasi yang strategis di kawasan jalan Imam Bonjol No106 Rantauprapat.

Selain mendapat dukungan berbagai lapisan masyarakat, kehadirannya juga disambut oleh pihak Perbankan Bank Syariah Mandiri dan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Labuhanbatu.

Dalam satu seminar sehari yang digelar pihak Lembaga Kajian dan Pengembangan Ekonomi Syariah (LKPES) sebagai wadah kajian dibawah naungan pihak MUI, di aula Pertemuan milik Depertemen Agama (Depag) Labuhanbatu, terungkap BMT Al amin akan berupaya menjadikan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) itu sebagai AMBT yang terdepan mensejahterakan ummat.

Dengan menyandang visi itu, menjadi missi utama meningkatkan kualitas perekonomian ummat serta menghindarkan ummat dari praktek riba. Selain itu, menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat dalam upaya menumbuhkan produktivitas usaha mandiri.

Serta, berupaya melahirkan individu yang memiliki jiwa kewirausahaan dengan etos kerja yang tinggi, yang Islami, jujur, terampil serta mandiri dalam berusaha guna mendorong pelaksanaan kegiatan perekonomian yang sesuai dengan syariat Islam.

Strategi pengembangannya, kata dr Alwi Mujahit Hasibuan Direktur LKPES mengatakan, akan kerap melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti dinas koperasi dan UKM sebagai fasilitator pemerintah dalam pengawasan ekonomi masyarakat. Juga, tambahnya melakukan koordinasi dengan Lembaga Keuangan Syariah dan Perbankan Syariah. Bahkan, akan menghimpun dana masyarakat dalam rangka peningkatan likuiditas. “Setiap peserta akan dikenai iuran sebesar Rp1 juta. Rinciannya, Rp500 ribu untuk iuran anggota pertahun, dan Rp500 ribu untuk iuran pokok,” jelasnya.

Selain itu, katanya lagi, misi BMT Al Amin memnyalurkan dana kepada usaha produktif berdasarkan kelayakan. Meningkatkan, likuiditas dan mengutamakan rentabilitas produktif, seleksi dalam penyaluran dana guna mengoptimalkan dana yang terarah.

Dalam produk, katanya, BMT Al amin memilikinya. Seperti, Tabungan Al Amin (Iftitah), Tabungan Al amin Mudharabah (AM), Simpanan Mudharabah Berjangka (Simba) Tabungan Qurban, Tabungan Fitrah Aqiqah, Tabungan Umrah/Haji.

Sementara, untuk produk pembiayaan dan penyaluran dana, BMT Al amin dengan prinsip jual beli (Murabaha), produk pembiayaan prinsip sewa (Ijarah) dan produk bagi hasil Musyarakah dan Mudharabah.

“Dalam waktu dekat, awal bulan Juli BMT al amin akan launching. Sementara, ketuanya Amin Prasetyo,” paparnya.

Dari banyak formulir peserta yang dibagikan, kata Alwi, setidaknya sekira 70-an lembar telah dikembalikan calon peserta kepada pihak BMT Al amin, tandasnya.

2 Tanggapan

  1. saat hijrah dari ekonomi jahiliyah menuju ekonomi syariah. Islam Jaya, Indonesia makmur

  2. Selamat atas berdirinya BMT Al Amin. Semoga melahirkan individu yang memiliki jiwa kewirausahaan dengan etos kerja yang tinggi, yang Islami, jujur, terampil serta mandiri dalam berusaha guna mendorong pelaksanaan kegiatan perekonomian yang sesuai dengan syariat Islam.

    by : statioNET (warnet Linux, legal OS)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: