DPR RI Sahkan Pemekaran Labuhanbatu

DPR RI akhirnya mensahkan pemekaran Kabupaten Labuhanbat menjadi tiga Kabupaten. Yakni, Labuhanbatu Induk, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan. Pengesahan itu setelah dilakukan sidang paripurna DPR RI di gedung Dewan setempat di Senayan Jakarta, Selasa (24/6).

Paripurna itu juga mengesahkan Ibu Kota Kabupaten pemekaran. Untuk Labuhanbatu Induk ibu kotanya Rantauprapat, Labuhanbatu Selatan Ibu kotanya Kecamatan Kota Pinang, sedangkan Labuhanbatu Utara adalah Kota Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu. “Setelah disahkan DPR RI, maka tinggal menunggu Keputusan Presiden (Kepres) mengenai pemekaran tersebut. Sesuai ketentuan, Presiden akan mengeluarkan Keppres mengenai pemekaran paling lama 1 bulan, atau 30 hari setelah Undang-Undan pemekaran Labuhan Batu disahkan,” kata Ketua Tim Pemekaran DPRD Labuhan Batu dr Rizal Sani via handphone dari Jakarta kepada wartawan, Selasa (24/6) usai sidang paripurna pengesahan pemekaran tersebut.

Dijelaskan Rizal, jika dalam waktu 30 hari setelah pengesahan DPR, Presiden belum juga mengeluarkan Keppres mengenai pemekaran Labuhan Batu, maka pemekaran tersebut secara otomatis telah sah menurut Undang-Undang. Setelah itu, penunjukan pejabat Bupati sementara dimasing-masing Kabupaten pemekaran oleh Menteri Dalam Negeri.

Jaffar Siddik, Sekretaris DPC Partai Bulan Bintang Labuhanbatu mengucapkan rasa terima kasih terhadap DPR pusat yang mensahkan pemekaran. Sebab. pemekaran merupakan aspirasi masyarakat Labuhanbatu yang menginginkan pemerataan pembangunan. Namun ia menghimbau agar beberapa pihak untuk tidak merasa berjasa dalam memperjuangkan pemekaran tersebut.

“Seharusnya sejak dulu kita mekar, tapi masih ada pihak yang tidak setuju, kita punya buktinya dia mereka menandatangani undangan untuk DPOD guna melakukan pertemuan dengan seluruh elemen masyarakat Labuhanbatu. Jadi, saya harap jangan ada yang sok pahlawan,” tegas Jaffar kepada wartawan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: