Fasilitas Hancur, SDN 118320 Kebun Berangir Memprihatinkan

Kondisi fisik lembaga pendidikan milik pemerintah masih ada yang memprihatinkan.

Padahal, sektor pendidikan di Labuhanbatu merupakan hal yang diprioritaskan. Itu, dalam kaitan mencapai Labuhanbatu Cerdas 2020 yang digadang-gadang. Terbukti, fisik SD Negeri No 118320 yang berlokasi di sekitar Perkebunan PTPN IV Unit Kebun Berangir, Kecamatan NA IX-X, Labuhanbatu.

Solanya, hari demi hari, kondisinya terus kian memprihatinkan. Sekolah yang dibangun pada tahun 1984 itu, saat ini memiliki 7 ruangan, 6 untuk proses belajar mengajar (PMB).

Sedangkan, 1 ruangan lainnya, dimanfaatkan untuk ruangan kantor Kepala Sekolah (Kasek).

Ironis, sekolah yang mempunyai murid sebanyak 150 orang itu, mulai dari kelas 1 hingga 6 itu sebahagian besar ruangan tempat belajarnya sudah tidak memiliki asbes.

Sementara, lantai sekolah itu juga sudah banyak yang keropos dan berlubang. Selain itu, asbes bahagian luar semuanya sudah bolong dan sebahagian lagi triplexnya bergelantungan akibat mulai terkoyak dimakan usia.

Pantauan kalangan wartawan yang menyambangi lokasi itu, Selasa (24/6), atap yang terbuat dari seng juga ada yang terlihat mulai keropos. Serta, ada juga yang telah berlubang.

Parahnya lagi, dari jumlah siswa-siswi yang ada, bangku maupun meja untuk murid belajar jumlahnya sudah tidak sesuai. Akibatnya, masih ada peserta didik disana yang harus bertiga dalam satu meja.

Belum lagi semua bangku sudah tidak punya penyanggah akibat terlepas dan goyang.

Papan tulis juga sangat memperihatinkan. Sedangkan, lemari tempat menyimpan segala bentuk buku penunjang sudah tidak memiliki dinding dan alas.

Kasek SD Negeri No 118320 Perkebunan Berangir M Rizal Nasution di ruang kerjanya menjelaskan, pihaknya telah berulang kali melayangkan permohonan agar sekolah mereka diperhatikan. Namun, beriring waktu, kondisi tersebut tetap saja tidak mendapatkan perhatian serius dari pihak Pemkab Labuhanbatu. Akibatnya, pihaknya hanya mendapat jawaban janji-janji manis. “Ya, segera akan diperbaiki,” demikian pepesan kosong yang selalu didapat untuk mengobati luka dan kepedihan yang ada.

Bahkan, pihak dari Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) Labuhanbatu telah berulang kali datang dan mengambil gambar sekolah tersebut. “Sudah berulang kalilah. Tapi, ya gitu, sampai sekarang gak ada juga diperbaiki. Pernah dari dinas datang meninjau kemari. Bahkan, diabadikan dengan video recorder,” paparnya memelas.

Tapi, itu hanya menambah luka bagi mereka. Sebab, akhirnya hanya sekedar janji.

Malah, berbagai ‘angin segar’ terus saja meniupkan janji indah. Bahkan, dikabrkan juga tahun 2008 akan dilakukan rehab sekolah itu. “Ada kabar mengatakan, tahun ini akan diperbaiki. Ya, kita tunggu sajalah,” harap Rizal.

Malah, untuk lebih mempercepat terjadinya proses perbaikan sekolah itu, pihaknya juga pernah menghubungi perusahaan perkebunan milik Negara yang ada di sekitar eksistensi sekolah itu. “Kita pernah meminta bantuan kepada perkebunan PTPN4. Namun, belum ada realisasi,” bebernya.

Suhendro Gunawan, selaku Assisten SDM/Umum PTPN4 Unit Kebun Berangir menjawab wartawan, Selasa (24/6) di ruang kerjanya mengatakan, bahwa pihaknya belum pernah mendapat permohonan terkait kondisi itu.

Tapi, yang pasti, kata dia, pihaknya akan menindaklanjuti ke direksi apabila dilaporkan pihak sekolah. Sebab, sejak awal mereka telah memperhatikan sekolah yang ada disekitar lingkungan perkebunan. Namun, masih bentuk pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. “Kalau laporannya ada pasti akan kita lapor ke

Direksi. Mudah-mudahan dibantu. Kita sudah serahkan bea siswa kepada 50 siswa, SD sebesar Rp30ribu, SLTP Rp35ribu dan SMU Rp40ribu. Itu, untuk setiap bulan dan diterima mereka sekaligus satu tahun dan ini telah berjalan lama. Sekolah yang hancur itu, kalau memang dilaporkan kepada kita, secepatnya kita tindak lanjuti,” jelas Suhendro.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: