Sibuk Urusan Pemekaran

Gedung DPRD Labuhanbatu Sepi, 5 Ranperda ‘Terlantar’

Sibuk urusi pemekaran Labuhanbatu. Akibatnya, 5 Ranperda “terlantar”. Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Labuhanbatu, di kawasan jalan SM Raja Rantauprapat, sepekan terakhir, selalu terlihat sepi  pada jam kerja.

Puncaknya, Selasa (24) pagi. Terlebih lagi, sesuai jadwal kemaren merupakan ja;l istimewa untuk Labuhanbatu, yakni terkait pemekaran daerah itu menjadi 3 kabupaten. Namun, sejatinya, sesuai agenda di kantor itu, rencananya para wakil rakyat disana akan melakukan rapat panitia Legislasi untuk membahasa lanjutan 5 buah ranperda yang diserahkan pihak eksekutif setempat beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan surat undangan yang bernomor 005/976/DPRD/2008, anggota DPRD Labuhanbatu, tanggal 10 sampai 30 Juli  telah memiliki jadwal padat untuk melakukan rapat untuk Panitia Legislasi (Panleg) mengadakan rapat 5 Ranperda di ruang rapat paripurna DPRD Labuhanbatu.

Nyatanya, dari informasi yang diperoleh, sejak tanggal 16 sampai 24 Juli 2008, yang seharusnya rapat legislasi pembahasan Ranperda Kabupaten Labuhanbatu tentang urusan pemerintahan dan susunan organisasi dan tata kerja tidak dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Selain itu, didalam jadwal yang tertuang dalam udangan rapat Paripurna tersebut, tanggal 16 sampai  24 Juli, akan membahas Ranperda penyertaan modal pada PT Bank Sumut dan Perda kontrol dan pengawasan penjualan minuman beralkohol serta larangan praktek tuna susila, gelandangan dan pengemis.

Namun kenyataanya anggota dewan yang terhormat ini lebih ‘sibuk’ mengurusi pemekaran yang sudah di paripurnakan oleh  DPRRI di Jakarta, ketimbang mebahas Ranperda.

Pantauan wartawan, hanya beberapa anggota dewan yang tampak hadir di gedung dewan itu sejak kemarin. Tak kurang, hanya berjumlah empat orang yakni, Supeno Hariadi, Khairuddin Bay, Safruddin Tanjung dan Dahlan Bukhori.

Keempat orang ini tampak melintas usai melakukan dialog antara kelompok tani dari Padang Halaban dengan PT Smart Padang Halaban.

Mereka melakukan pertemuan dengar pendapat masalah sengketa tanah kedua belah pihak.

Sementara itu saat dikonfirmasi Sekretaris Dewan, mengatakan, para anggota dewan sebahagian besar menghadiri keputusan pemekaran di Jakarta. Sehingga, rencana persidangan yang akan dilaksanakan tertunda hingga tanggal 26 juli 2008.  “ Jumlah yang menghadiri acara itu tidak ada secara resmi. Cuma mereka di undang DPR RI dari komisi II kesana. Entah, karena gembiranya realisasi pemekaran, mereka pergi saja. Nah, setelah selesai nanti, anggota dewan ini diundang pimpinan fraksi rapat soal SPJ. Yang pentingkan sama kita SPJ dan administarinya ada resmi,” ujarnya.

Terkait dengan anggota dewan tersebut menghadiri acara paripurna atau tidak, Sekwan menyebutkan itu masalah hati nurani masing-masing anggota dewan yang bersangkutan. “Kalau dia hadir dalam acara itu atau tidak hadir, soal hati nurani anggota dewannya. Ngak  mungkinlah saya tanya hadir atau tidaknya dia dalam acara paripurna,” akunya.

Salah seorang anggota Dewan dari Partai Bulan Bintang (PBB) Sayrifuddin Tanjung yang dijumpai di kantor DPRD Labuhanbatu menyebutkan, banyak rekan-rekannya sesama anggota Dewan menghadiri rapat paripurna pemekaran Labuhanbatu di DPRRI. “Banyak kawan-kawan menghadiri rapat paripurna pemekaran di DPRRI Jakarta,” ucapnya singkat.

Secara terpisah, Sekretaris Partai Bulan Bintang DPC Labuhanbatu Jappar Siddiq Nasution mengatakan, terkait dengan tertundanya sidang yang rencananya pembahasan 5 ranperda, ia menilai tidak sepantasnya anggota DPRD yang tergabung dalam pembahasan ranperda itu berangkat ke Jakarta untuk menghadiri keputusan paripurna pemekaran Labuhanbatu yang dilakukan DPRRI. “Saya kira cukup perwakilan saja yang hadir. Kalau memang ada pengalihan dana yang tidak pada posnya perlu di periksa kejaksaan,” ucapnya serius.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: