Pemkab Labuhanbatu Lambat Selesaikan Sengketa Tanah

Pemkab Labuhanbatu dinilai lambat menyelesaikan sengketa tanah antara masyarakat tujuh desa di Kecamatan Kualuh Selatan dengan Zulkarnaen Harahap.

Menurut Ketua LSM Badai RI Kecamatan Kualuh Selatan kepada Waspada, Senin (23/6), masyarakat sudah menguasakan permasalahan itu kepada LSM yang dipimpimnya dan pihaknya sudah menyurati Bupati, Kapolres dan DPRD Labuhan Batu serta Kejari Rantauprapat. “Bupati waktu itu perintahkan kepada camat untuk menyelesaikannya dan bila tidak selesai maka masalahnya diserahkan kembali kepada bupati,” ujarnya.

Camat Kualuh Selatan, katanya, sudah dua kali melakukan rapat dengan masyarakat dan pihak Zulkarnaen namun tidak ada penyelesaiannya sehingga Camat 13 Desember 2007 sudah menyurati Bupati menjelaskan permasalahannya.

“Namun hingga kini Bupati belum juga membuat kesimpulan yang jelas sehingga masalah sengketa tanah itu terkatung-katung,” katanya dan menambahkan pihak Polres Labuhanbatu juga sudah menyelidiki masalah tersebut dan tidak juga ada kesimpulan dan kepastian hukum sengketa lahan itu.

Kabag Hukum Pemkab Labuhanbatu ketika dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, tidak ingat masalah itu. “Masalah yang mana pak saya tidak ingat, nantilah kita jumpa setelah saya pulang dari Medan,” katanya menjawab pertanyaan Waspada mengenai penyelesaian sengketa lahan antara masyarakat tujuh desa dengan Zulkarnaen Harahap.

Seperti yang pernah diberitakan Waspada, lahan seluas sekitar dua hektare terletak di Jalinsum Desa Damuli Kebun, Kec. Kualuh Selatan awalnya milik proyek pengembangan perkebunan rakyat Sumatera Utara (P3RSU) dan oleh masyarakat tujuh desa yakni Desa Damul Pekan, Damuli Kebun, Gunung Melayu, Hasang, Lobuhuala, Bandar Lama dan Desa Siamporik memohon agar lahan itu diberikan kepada masyarakat untuk dijadikan lokasi sekolah. (a29/waspada)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: