Pengobatan Gratis, TM Puskesmas Perlayuan Langsung Turun ke Masyarakat

Jemput Bola. Itu kesan yang lebih jelas terlihat ketika Tim Medis Puskesmas Perlayuan, melaksanakan program yang digeber pihak Pemkab Labuhanbatu dalam menerapkan pelayanan kesehatan (yankes) gratis pada tahun 2008 ini.

Tim Medis Puskesmas Perlayuan proaktif melaksanakan program tersebut dengan tidak saja menunggu masyarakat datang ke Puskesmas, melainkan juga harus menjemput bola alias turun langsung ke masyarakat.

Terhitung sudah beberapa kali program prorakyat dengan cara turun langsung ke masyarakat itu dilaksanakan oleh Tim Medis Puskesmas Perlayuan (Kecamatan Rantau Utara).

Pantauan wartawan, yankes gratis itu pertama kali dilaksanakan TM Puskesmas Perlayuan pada Januari 2008 di Lingkungan Kampung Jawa, Kelurahan Padang Matinggi.

Kedua kalinya dilaksanakan pada Februari 2008 di Lingkungan Pasir Tinggi, Kel. Pulo Padang. Yankes gratis Maret 2008 dilaksanakan di Lingkunan Aek Paing Bawah, Kelurahan Aek Paing. Yankes April 2008 dilaksanakan di Bukit Perjuangan, Kelurahan Aek Paing.

Bulan Mei 2008 dilaksanakan di PNK dan Pengkalian, Kel. Pulo Padang dan terakhir bulan Juni 2008 dilaksanakan di Bangsal, Kel. Padang Matinggi.

Kepala Puskesmas Perlayuan dr. Zulham Alandy di sela-sela yankes gratis di Padang Matinggi, baru-baru ini kepada wartawan, menyebutkan, program prorakyat yang digagas Bupati Labuhanbatu HT Milwan ini dilaksanakan dengan melibatkan delapan petugas medis, terdiri dari Dokter, Bidan, Perawat, petugas apotik dan laboratorium. Zulham Alandy memimpin langsung TM Puskesmas Perlayuan dalam kegiatan bermisi sosial tersebut.

Menurut dr. Zulham, yankes gratis ini tidak bisa dengan hanya menunggu masyarakat atau pasien yang datang ke Puskesmas, melainkan tim medis yang harus proaktif ‘menjemput bola’ alias turun langsung ke masyarakat. Dengan cara menjemput bola ini, efektifitas kegiatan sangat terasa karena banyak warga yang bisa dijaring dalam yankes gratis ini.

Adapun yankes gratis kepada masyarakat sesuai dengan program Dinas Kesehatan Labuhanbatu, papar dr. Zulham, terdiri dari Konsultasi Medis, Pemeriksaan Fisik, Tindakan Medis Kecil, Pemeriksaan gigi, Pemeriksaan ibu hamil/nifas/menyusui, bayi dan balita, imunisasi dan persalinan normal.

Calon dokter teladan ini menambahkan, dengan turun ke bawah (turba) ini, masyarakat sangat antusias untuk mendapatkan yankes gratis ini. Hal ini terasa agak berbeda kalau hanya menunggu masyarakat atau pasien yang datang sendiri ke Puskesmas.

dr. Zulham memaparkan, untuk program ini, seluruh penduduk di Labuhanbatu  dari berbagai strata ekonomi yang ada, baik keluarga miskin (gakin) maupun dari keluarga mampu, semuanya mendapat yankes gratis karena Pemkab Labuhanbatu telah menanggung biayanya dari APBD. Sebab, yankes gratis ini merupakan implementasi dari Visi Labuhanbatu Sehat 2010.

Program prorakyat di sektor Kesehatan ini merupakan keunggulan Labuhanbatu dibanding daerah lainnya di Sumut, sebab daerah lain mungkin hanya menggratiskan yankes untuk gakin saja. Sementara di Labuhanbatu, baik gakin maupun yang berekonomi mampu semua berhak mendapat yankes gratis.

Sementara salah seorang warga usai pengobatan gratis di Padang Matinggi berharap, yankes ini bisa berkesinambungan sehingga masyarakat lebih semakin mengerti akan  kesehatan dirinya sekaligus tertolong mengurangi pengeluaran biaya rumah tangga di bidang kesehatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: