Warga Tutup Jalan di Areal Tanah Wakaf

Sekitar seratus warga Dusun Janji,Desa Janji dan Afdeling I Janji Kebun Emplasmen,Kecamatan Bilah Barat,Kabupaten Labuhanbatu melakukan aksi unjuk rasa ke kantor kepala desa setempat kemarin.

Mereka menolak areal tanah wakaf pekuburan seluas 1,5 hektare dijadikan sebagai jalan pribadi seorang pengusaha galian C. Aksi demonstrasi ini dimulai dari halaman sebuah masjid yang tidak jauh dari Kantor Balai Desa Janji. Salah satu pengunjuk rasa, ustaz Ahmad,meminta kepala desa menutup jalan yang menjadi lintasan truk di atas tanah wakaf yang dihibahkan pihak PTPN kepada warga.

“Kami tidak melarang siapa pun pengusahanya membuka bisnisnya di kampung kami.Tapi,kami tidak mau tanah wakaf yang diperuntukkan masyarakat sebagai kuburan dijadikan sebagai jalan lintasan truk pengangkut pasir,“ ujarnya. Ahmad mengungkapkan, beberapa hari lalu papan pelang larangan yang mereka dirikan di lokasi sengaja dirusak olehKepalaDesaJanji APSimbolon.

“Kami kecewa atas tindakan kepala desa,”ujarnya. AP Simbolon sendiri menyatakan bersedia menutup jalan di atas tanah wakaf pemberian PTPN3 2005 lalu. “Kalau memang itu permintaan masyarakat,mari kita tutup sama-sama tanah wakaf yang dipakai sebagai lintasan pengusaha,“ katanya.

Asisten Kebun Perkebunan PTPN3 Kebun Janji Wagiman S mengatakan, jalan alternatif di samping tanah wakaf itu tidak termasuk tanah yang dihibahkan kepada masyarakat. “Kalau yang dipersoalkan warga, kan jalan yang berada di atas tanah wakaf. Kalau yang di samping tanah wakaf,bukan.Kepala desa yang sekarang tidak ikut melakukan pengukuran pada waktu itu. Dia saja belum kepala desa waktu itu,“ kata Wagiman. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: