Disdik Labuhanbatu Gelar Ujian Paket C

Sebanyak 572 peserta mengikuti ujian program belajar Paket C (setara SMU) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Labuhanbatu di ruang kelas SMA Negeri 2 di Jalan Menara Rantauprapat, 24-27 Juni 2008.

Menurut Ketua Panitia Said Adlin, melalui Kasi PLS Dinas Pendidikan Labuhanbatu, D Pasaribu, peserta ujian terdiri dari UN Reguler (IPA) 3 orang dan UN Reguler (IPS) 448 orang dengan total 451 orang. Sedangkan jumlah peserta UN gagal formal (IPA) berjumlah 82 orang ditambah jumlah peserta UN gagal formal (IPS) sebanyak 39 orang dengan jumlah keduanya 121 peserta.
“Para peserta berasal dari beberapa kecamatan di Labuhanbatu yang masing-masing berbeda kelompok penyelenggaranya. Begitu juga dengan usia peserta terlihat banyak yang berumur di atas 30 tahun. Sedangkan pengumuman hasil ujian, sesuai jadwal diperkirakan sebulan lagi. Biasanya turun setelah satu bulan ujian menyusul dengan keluarnya ijazah,” jelasnya, beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.
Kendati demikian, Pasaribu mengemukakan, bila hasil ujian terlambat datang dari Jakarta, pihaknya akan mengeluarkan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) seandainya dibutuhkan peserta.
Sementara itu di Binjai, sebanyak 194 peserta, terdiri dari siswa tidak lulus Ujian Nasional (UN) lalu dan siswa sekolah pendidikan paket C “reguler” mengikuti ujian paket C. Panitia Ujian Paket C yang juga Kasubdis Displorabud Dikjar Binjai, Drs Ahmad Gazali Pane, mengemukakan, seluruh peserta yang dinyatakan tidak lulus UN tersebut tercatat sebanyak 60 orang, namun 4 di antaranya tidak mengikuti ujian paket C tersebut. Sedangkan peserta ujian paket C reguler berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) 50 orang dan PKBM Sumber Ilmu Binjai Timur 68 orang.
“Meski demikian, minat masyarakat untuk mengikuti ujian paket C ini cukup tinggi. Terlebih lagi, pelaksanaan ujian ini disetarakan dengan pelaksanaan ujian paket C bagi siswa reguler,” sebutnya.
Lebih lanjut Ahmad Gazali mengatakan, materi ujian paket C ini tidak beda dengan soal-soal UN. Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi Kimia dan PPKN. Di jurusan IPS, mata pelajaran yang diujikan terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Indonesia, Sosiologi, dan Geografi.
“Kepada siswa yang tidak lulus paket C angkatan pertama, bisa mengulang pada ujian paket C priode kedua Nopember 2008,” tuturnya.

*fajar dame harahap/astuti
MedanBisnis – Rantauprapat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: