Bupati Labuhanbatu Terima Penghargaa SMK3 dari Presiden RI

*Iklim Sejuk Perburuhan Mesti Termotivasi

Bupati Labuhanbatu HT Milwan terima penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Itu, langsung diserahkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam Memperingati Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia tahun 2008, di Istana Negara, Rabu (25/6) pagi.

Sesuai penilaian, Penghargaan Pemerintah itu diberikan atas keberhasilan secara komitmen terhadap Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Secara Berkesinambungan.

Bersama Milwan, untuk kategori Bupati Kepala Daerah, juga diserahkan penghargaan serupa kepada bupati Asahan H Risuddin.

Demikian dikatakan Sugeng kepala Bagian Humasy setdakab Labuhanbatu kepada wartawan, Selasa (1/7) di sekretariat daerah Labuhanbatu.

Penghargaan yang diberikan dalam rangka World Day for Safety & Helatyh

At Work atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja sedunia itu, sebagai implementasi dari ILO No155 tentang Occupational Safety & Helath yang memuat standart penerapan SMK3 internasional dan UU No13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang mengamanatkan terciptanya kondisi kerja yang aman, nyaman dan meningkatkan kualitas serta produktivitas kerja. “Sekaligus juga menciptakan hubungan kerja harmonis yang menjadi salahsatu menciptakan iklim usaha yang kondusif sebagai upaya turut menganggulangi pengangguran dan kemiskinan,” bebernya.

Dalam penyelenggaraan penghargaan itu, kata Sugeng, dilakukan pihak Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang bekerjasama dengan PT Sucofindo sebagai Badan yang ditugaskan untuk melakukan audit SMK3 di Indonesia. “Sejak tahun 1996, PT Sucofindo sudah menjadi badan penilai dan audit SMK3,” paparnya.

Sementara itu, ditempat terpisah Jahotman Sinaga dan Ali Wansyah Ritonga anggota DPRD Labuhanbatu menyambut hangat prestai yang diraih Bupati Labuhanbatu dalam sektor ketenagakerjaan tersebut. Pun demikian, ke depan harapan mereka, pihak Pemkab sebagai pelaksana pengawasan ketenagakerjaan di Labuhanbatu agar dapat lebih temotivasi dalam menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif. Terlebih lagi, dengan upaya menciptakan lapangan usaha dan penyerapan tenaga kerja yang ada. “Itu (penghargaan) perlu disosialisasikan kepada publik. Agar, setiap warga mengetahui informasi itu,” jelasnya. Namun, untuk menekan laju angka pengangguran yang masih masuk dalam kategori besar di daerah itu, pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setdakab Labuhanbatu agar dapat lebih optimal dalam menciptakan upaya-upaya yang lebih inovatif dalam mengurangi jumlah pengangguran dan juga menekan angka perselisihan industrial yang ada. “Mempertahankan prestasi lebih sulit ketimbang meraih. Maka, sejatinya, pihak Pemkab melalui Disnaker dapat menciptakan iklim usaha yang sejuk dan mampu menggurangi laju pengangguran dan angka sengketa perburuhan,” tegasnya.

Berikut adalah daftar penerima Penghargaan SMK3.

I.Kategori Perusahaan
1. PT. Epson Batam
2. PT. Vetco Gray Indonesia
3. PT. Bintang Toedjoe
4. PT. Perkebunan Nusantara III (Persero)
5. PT. PLN (Persero)
6. PT. Coca Cola Bottling Indonesia
7. PT. Wijaya Karya Beton

II. Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Negara-negara Sahabat
1. Jepang
2. Amerika Serikat
3. Australia
4. Korea Selatan
5. Jerman
6. Perancis
7. Swiss
8. Inggris
9. Belgia
10.Belanda
11.Swedia
12.Malaysia

III. Menteri Kabinet Indonesia Bersatu
1. Menteri Dalam Negeri
2. Menteri Energi Sumber Daya Mineral
3. Menteri Perindustrian
4. Menteri Perdagangan
5. Menteri Pertanian
6. Menteri Kehutanan
7. Menteri Perhubungan
8. Menteri Pekerjaan Umum
9. Menteri Kesehatan
10. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
11. Menteri Komunikasi dan Informatika
12. Menteri Negara BUMN

IV. Gubernur/Walikota/Bupati
1. Gubernur DKI Jakarta
2. Gubernur Jawa Timur
3. Gubernur Sumatera Utara
4. Walikota Jakarta Timur
5. Walikota Jakarta Selatan
6. Walikota Surabaya
7. Bupati Asahan (Sumut)
8. Bupati Labuhan Batu (Sumut).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: