KPK Minta Bupati Lapor Gratifikasi

Hajatan khitanan Tengku Muhammad Arif Akbar,anak lelaki Bupati T Milwan, mendapat respons dari KPK.

Respons ini muncul karena undangan yang disebar hingga 15.000 undangan.Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi saat dihubungi lewat ponselnya menyatakan, bukan tak mungkin dari hajatan itu ada sumbangan yang bersifat gratifikasi. Sebab,pemilik hajatan merupakan Bupati Labuhanbatu yang notabene penyelenggara negara.

Namun, Johan menambahkan, gratifikasi itu bersifat pelaporan dari yang bersangkutan.’’ Tunggu saja dulu hingga pestanya selesai, apakah dia melaporkannya ke KPK atau tidak,”ujarnya. Saat ditanya bagaimana sikap KPK jika laporan itu tak disampaikan ke KPK, Johan tetap menyatakan menunggu sikap positif Bupati T Milwan. ’’Kami tunggu dululah,pestanya juga belum berlangsung,’’ tandasnya.

Menurut rencana, acara itu digelar Sabtu (5/7) hingga Minggu (6/7). Sehari menjelang acara, jika melintas di kawasan rumah dinas bupati, banyak terlihat papan bunga ucapan selamat. Itu tersusun rapi di sepanjang jalan mulai stasiun kereta api hingga mendekati Titi Sungai Bilah (sekitar 500 meter).

Menurut seorang anggota DPRD Labuhanbatu yang mewanti- wanti namanya jangan ditulis memberi bocoran, acara ini melibatkan anggota kepanitiaan yang diambil dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu. Mereka terlebih dahulu membicarakan unsur kepanitiaan guna untuk memberikan sumbangan (marlogid).

’’Memberikan sumbangan ini tradisi di Labuhanbatu sehingga inilah peluang untuk mencari muka oknum kepala dinas yang ingin mendapat jabatan,” tutur nya. Sumbangan ini sangat memungkinkan, apalagi beberapa hari lalu, anggota DPRD Labuhanbatu mengesahkan delapan rancangan peraturan daerah (raperda).Termasuk, Peraturan Daerah (Perda) Pembentukan Organisasi Tata Kerja Dinas-Dinas Daerah Kabupaten Labuhanbatu.

Lalu,Perda Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Labuhanbatu. Khusus disahkannya Perda Tata Kerja Dinas,sejumlah dinas terjadi penghapusan, penambahan, dan peleburan antara satu dinas dan dinas lainnya. Juga terjadi perubahan struktur organisasi di dalamnya.

Di antara yang melebur atau berubah dan bertambah, yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan (berubah susunan organisasinya); Dinas Bina Marga,Pengairan dan Energi (peleburan dari Kimprasda dan Pertambangan); Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (pecahan Kimprasda); Dinas Koperasi UKM dan Industri Perdagangan (gabungan Dinas Koperasi dan UKM dengan Dinas Perindag), serta instansi lain.

Anggota DPRD sekaligus anggota Panitia Legislasi DPRD atas delapan ranperda yang disahkan itu mengungkapkan, pengesahan ranperda tentang struktur organisasi dan tata kerja tersebut merupakan tuntutan Peraturan Pemerintah (PP) No 41 Tahun 2007 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Daerah.

’’Inilah peluang besar bagi orang-orang yang ingin mengisi posisi lowong kepala dinas itu,” ungkap anggota Dewan sekaligus anggota Panitia Legislasi DPRD Labuhanbatu ini. Sementara itu, aktivis Aliansi Masyarakat Labuhanbatu (AMAL) Jasid mengimbau kepada para undangan agar lebih berhati-hati.Dia berharap para undangan tidak terkontaminasi atau terindikasi upaya suap yang berkaitan dengan gratifikasi. ’’Saya sarankan kepada undangan berhati-hati, jangan sampai terkontaminasi sebagai upaya suap,’’ tandasnya.

Dia juga berharap KPK bisa memperhatikan hajatan ini. Perlu diketahui, di daerah ini banyak kalangan pengusaha perkebunan,mulai kalangan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). ’’Kami berharap agenda ini tidak dijadikan ajang panen sumbangan oleh pemilik hajat,” tuturnya. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: