Jembatan Mengundang Maut

Kondisi Jembatan Aek Kalundang Negeri Lama,Kecamatan Bilah Hilir, Labuhanbatu sangat memprihatinkan.

Saat ini, sebagian besar lantai jembatan di sudut kanan dan kiri maupun di tengah telah dipenuhi lubang besar, seakan hendak runtuh ke sungai Begitu juga dengan, lantai paling ujung sebelah kiri (arah Rantauprapat-Kota Negeri Lama) sudah terlihat rubuh dan posisinya telah tergantung. Tinggal menunggu waktu saja untuk jatuh ke sungai. Bagian trotoar yang diperuntukkan tempat pejalan kaki yang panjangnya sekitar 15 meter juga telah patah.

Seakan menyampaikan pesan bahwa maut mengancam pejalan kaki. Khawatir warga jatuh terjerumus, warga setempat menutupi lantai dengan besi tebal dan lebar.Setelah itu,lantai tersebut mereka tindih dengan beberapa buah batang kelapa. Meski kondisinya sedikit ditutup, tetap saja masih berlubang.Tentu dampaknya bagian lantai tengah jembatan menjadi bergelombang dan harus berhati-hati bila melintas di sana. ”Ya ketimbang membahayakan pengendara yang lewat, terpaksa kami tutup dengan besi dan batang kelapa.

Biayanya berasal dari warga yang tinggal disini secara patungan,” ujar Musa, saat ditemui di jembatan Aek Kalundang Negeri Lama, akhir pekan lalu. Kian memprihatinkannya fasilitas umum itu membuat warga terpaksa meminta bantuan dari warga yang melintas. Dengan uang tersebut mereka membeli material bangunan dan menutup lubang di jembatan setiap hari.

“Jangan pula menunggu sampai jembatan ini runtuh baru perhatian pemerintah datang,”ujarnya Anggota DPRD Labuhanbatu Saiful Usdek mendesak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, khususnya Pemprov Sumatera Utara agar secepatnya memperhatikan kondisi jembatan tersebut untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. Terlebih lagi jembatan itu adalah satu-satunya sarana penyeberangan yang ada. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: