Kinerja Kantor Capil Disorot

Kinerja kantor Catatan Sipil (Capil) Labuhanbatu disorot lantaran memiliki data jumlah penduduk tidak akurat,dan berbeda dengan data KPU serta BPS.

Jumlah penduduk kabupaten itu yang akan dipakai dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 adalah 1.005.546 jiwa. Angka itu ditetapkan setelah rapat antara KPU, pimpinan fraksi DPRD,Badan Pusat Statistik (BPS),dan Catatan Sipil pemkab setempat. “Jumlah ini merupakan hasil cross checkdata KPU dan pemkab telah mengeluarkan surat soal jumlah penduduk Labuhanbatu ini,“ ujar Suhari Pane, Minggu (6/7) siang.

Dia menambahkan,dalam penetapan ini situasi rapat sempat alot karena pihak Kantor Catatan Sipil (Capil) Labuhanbatu memberikan argumentasinya soal data mereka yang semula di tetapkan sebanyak 940.000-an. “Akhirnya saya sampaikan ada data di empat kecamatan yang jumlah penduduknya lebih kecil dibandingkan data empat tahun sebelumnya dan data itu fakta mutlak.

Mereka akui itu dan Kadis (Kepala Dinas) Capil Rajo Makmur Siregar membenarkannya karena data dari kecamatan belum masuk ke mereka,“ katanya Dia menolak menjawab ketika ditanya apakah perbedaan data itu terjadi karena buruknya kinerja kantor capil. “Sekarang data yang ditetapkan itu harus segera usulkan ke KPU pusat.Kalau tidak, data tidak akan berubah,” ujarnya. Suhari menegaskan, angka itu bukan merupakan jumlah pemilih, melainkan jumlah penduduk.

Jumlah pemilih potensial belum dipastikan, tapi diperkirakan saat ini sekitar 672.000-an. Kepala Badan Statistik Labuhanbatu Nizamuddin mengatakan, data yang benar sudah dihasilkan setelah dilakukan cross checkdengan data BPS.Hasilnya,1.005.546 jiwa penduduk yang mendekati angka ketetapan yang telah mereka tentukan. Sebelumnya, data di kedua instansi antara capil dan statistik terdapat perbedaan.

Menurut data Pemkab Labuhanbatu, jumlah penduduk setempat sebanyak 940.000, sedangkan menurut BPS sekitar 1.007.000-an jiwa. Untuk menghindari konflik, KPU meminta DPRD melakukan rapat agar masalah perbedaan jumlah penduduk ini dapat diselesaikan. ”Kalau begini cara kinerja kantor capil, tak heran data Pilgubsu lalu buruk sekali. Mendingan diganti saja kadisnya,“ imbuh Ketua Aliansi Masyarakat Labuhanbatu (AMAL) Jasid Nasution kepada SINDO kemarin. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: