Tingkatkan Produksi Pertanian

17 Kabupaten/kota di Sumut Dapat Bantuan 59 Traktor Roda Dua

Guna mendukung pemenuhan produksi pertanian di Tanah Air, pemerintah dalam hal ini Departemen Pertanian (Deptan), untuk tahun 2008 akan mengalokasikan Bantuan Kepemilikan Alsintan (Bakal). Khusus Sumatera Utara (Sumut), akan dialokasikan sebanyak 59 traktor roda dua (TR2) dan 14 toolkit (mesin las dan perkakas).

“Alat mesin pertanian (alsintan) sangat penting dan strategis dalam mendukung pemenuhan produksi pertanian yang terus meningkat, dengan pertambahan jumlah penduduk yang juga semakin meningkat,” kata Kasubid Agribisnis dan Agroindustri, Ratna Gultom, melalui Kasie Sumber Daya dan Prasarana Dinas Pertanian Sumut, Subagio, kepada MedanBisnis, Jumat (4/7).
Karena itu, kata Subagio, Deptan mendorong kepemilikan alsintan kepada kelompok tani atau Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA), dengan harapan setelah pembagian alat gratis, mereka mampu menambah alsintan sendiri.
“Pembelian TR2 ini, disesuaikan dengan kebutuhan petani/kelompok tani dan spesifik lokasinya. Sehingga diperoleh alsintan TR2 yang berkualitas yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) ataupun Persyaratan Teknis Minimum (PTM),” ujar Subagio.
Disebutkannya, alokasi dana BAKAL ini terdapat dalam Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) langsung perbantuan Dirjen Tanaman Pangan Deptan Tahun 2008, yang merupakan belanja bantuan nasional.
Dan, 17 Kabupaten/kota di Sumut yang mendapat bantuan TR2 dan toolkit ini semuanya ditetapkan oleh Deptan. Untuk TR2, daerah yang mendapat adalah Kabupaten Asahan 4 unit, Dairi (4 unit), Deliserdang (3 unit), Karo (4 unit), Labuhanbatu (4 unit), Langkat (4 unit), Mandailing Natal (4 unit), Simalungun (4 unit), Tapanuli Selatan (4 unit), Tapanuli Tengah (3 unit), Tapanuli Utara (4 unit), Toba Samosir (4 unit), Binjai (3 unit), Pematangsiantar (3 unit), Tanjung Balai (2 unit), Pakpak Barat (4 unit) dan Serdang Bedagai (3 unit).
Sedangkan untuk toolkit masing-masing daerah mendapatkan satu unit. “Untuk harga pembelian satu unit TR2 sebesar Rp 22 juta dan untuk toolkit sebesar Rp 10,29 juta,” jelasnya.
Bakal juga kata Subagio dimaksudkan untuk menunjang kelompok tani/UPJA, sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 25/Permentan/PL.130/5/2008, tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA).
“Dalam rangka menaikkan produksi pertanian dengan pertambahan penduduk, menurunnya daya dukung lahan dan intensitas pertanaman, kepemilikan alsintan secara individu kurang menguntungkan,” ucap Subagio.
Dikatakannya, dengan pemberian alsintan seperti TR2, kelompok tani/UPJA dapat menyewakan traktor mereka untuk penggarapan lahan, dengan hasil sewa bisa dibagi lagi kepada keperluan dari kelompok/UPJA, seperti menambah lagi traktor yang sudah ada dan semuanya disesuaikan dengan mekanisasi kelompok/UPJA tersebut.
Calon Penerima
Subagio juga menambahkan yang menjadi calon penerima BAKAL, dipaparkan adalah kelompok tani/UPJA yang memiliki prestasi, berkomitmen, dan produktif sekurang-kurangnya empat musim tanam terakhir serta berpengalaman dalam mengelola usahatani minimal dua tahun. “Dan mereka juga harus dapat mengembangkan usahanya serta berpotensi menjadi kelompok tani/UPJA yang mandiri dan profesional,” ujarnya.
Sedangkan mekanisasi pemberiannya adalah identifikasi, verifikasi dan membuat usulan calon penerima Bakal sesuai kriteria oleh Dinas Pertanian Kabupaten/kota. Setelah itu, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten/kota menerima usulan calon penerima bantuan dan menetapkan calon kelompok tani/UPJA yang memenuhi syarat melalui surat Kadis. “Kemudian daftar penerima disampaikan kepada Distan Propinsi dan Dirjen Tanaman Pangan,” ujarnya.
Dan, pihak Distan Kabupaten/kota lanjut Subagio melakukan pendampingan yang lebih intensif dalam hal pengadaan serta pembelian alsintan tersebut agar sesuai dengan peruntukan penggunaan anggaranya. Di samping itu melakukan pembinaan kelompok tani/UPJA dan penerima Bakal dalam hal pengelolaan alsintan.

*cw 11
MedanBisnis – Medan

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Mohon maaf pak, kalau email kami mengganggu….
    Kami ingin menawarkan pupuk, yang mungkin bisa diinformasikan kepada Kelompok tani yang ada di Indonesia.

    Pupuk Hayati Ramah Lingkungan, Menghemat Pupuk Kimia Hingga 50%
    Formula Terbaru hasil rekayasa Bio Teknologi Modern.

    TIENS GOLDEN HARVEST berbahan aktif Mikroba Indegenous asli Indonesia ramah lingkungan (tidak mengandung logam berat As, Pb, Hg, Cd dan Mikroba Patogen, Salmonella SP) telah dipersiapkan serta dirancang untuk pembangunan dunia pertanian yang berkelanjutan.

    Bahwa perpaduan TIENS GOLDEN HARVES dengan pupuk kimia akan selalu dicari dan dibutuhkan petani karena sudah terbukti dan teruji (menjadikan produktivitas tinggi dan ramah lingkungan).

    Kandungan TIENS GOLDEN HARVEST :

    Azatobacter sp 2,0 x 107 – 105 sel/ml
    Mikroba pelarut fosfat 3,0 x 107 – 105 sel/ml
    Azospirillum sp 2,3 x 108 – 105 sel/ml
    Mikroba Pendegradasi Selulose 3,5 x 107 – 104 sel/ml
    Lactobacillus sp 1,5 x 104 – 103 sel/ml
    Pseudomonas sp 1,7 x 106 – 104 sel/ml
    P=34,70 ppm; K=1700 ppm C Organik=0,92%; N=0,04% FE=44,3ppm; Mn=0,23 ppm Cu 0,85 ppm Zn=3,7 ppm
    Keuntungan Menggunakan TIENS Golden Harvest
    1. Hasil Panen akan meningkat 20% s/d 50% dari biasanya (menjadi optimal)
    2. Penggunaan pupuk kimia lebih hemat 50% dari biasanya
    3. Mampu menguraikan pestisida (residu s/d 50%) dan mengurangi tumbuhnya gulma

    Untuk Perhatikan
    1. Penggunaan TIENS Golden Harvest jangan dicampur dengan pestisida / pupuk kimia
    2. Pemakaian TIENS Golden Harvest tidak boleh bersamaan dengan pupuk kimia, beri tenggang waktu 2 s/d 5 hari.
    3. TIENS Golden Harvest diberikan lebih dahulu 3 s/d 5 hari sebelum pupuk kimia ditaburkan.

    Untuk harga distributor Rp. 90.000/liter dengan kapasitas 1 – 2 liter pe hektar.
    Untuk informasi lebih lengkap ada di http://www.eriantosimalango.co.cc

    Demikian penawaran kami, semoga bermanfaat, terimaksih

    salam
    eric


    salam
    erianto simalango
    ———————————————————————————–
    IBO ID: 92.46.7140 | ERIANTO SIMALANGO
    Ph : +62-761-7076141 | Mp : +62-819-33703356
    http://www.eriantosimalango.co.cc
    ———————————————————————————–

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: