Praktik Curang Ram Marak

Keberadaan alat timbang dan penampungan kelapa sawit (ram) serta stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kabupaten Labuhanbatu mendapat perhatian khusus dari anggota DPRD setempat.

Anggota Komisi B DPRD Labuhanbatu Syarifuddin Tanjung menduga terjadi kecurangan pada proses penimbangan dan pengisian bahan bakar. Sebab, Departemen perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) maupun Metrologi di Labuhanbatu tidak memeriksa ulang alat ukur yang ada.

“Dari sini timbul kecurigaan bahwa petanipetani sawit di rugikan,”katanya kepada SINDO kemarin. Selain curiga terhadap bentuk timbang,Syarifuddin juga curiga dengan ukuran takaran di SPBU yang ada di Labuhanbatu. Dia berharap secepatnya tim terpadu memeriksanya.

“Kami mengharapkan Deperindag dan Meterologi terbuka dengan hal ini. Mana yang masalah dan mana yang tidak bermasalah,mereka harus jelaskan sebelum masyarakat dirugikan lebih banyak,” ujarnya. Apabila dugaan kecurangan ini terbukti, tentu banyak konsumen yang menjadi korban.

Sebab,petani sawit di Labuhanbatu banyak yang menggunakan ram sebagai tempat penimbangan hasil panen sawit mereka. Dimintai komentarnya soal permasalahan ini,Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Labuhanbatu Darpin Siregar mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan terhadap uji tera timbangan.

Pemeriksaan tera dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara melalui Unit Pelaksana teknis (UPT) Kisaran.UPT ini membawahi tiga daerah,yakni Kabupaten Labuhanbatu, Asahan, dan Tanjungbalai.

“Sejauh ini koordinasinya hanya sebatas pemberitahuan karena perda yang mengatur masih memakai Perda Pemerintah Provinsi,“ ujarnya. Darpin juga mengaku lupa kapan tim UPT Kisaran terakhir melakukan pemeriksaan tera. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: