Harga Kelapa Sawit di Labuhanbatu Merosot

Kenaikan pajak progresif (ekspor) terhadap crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit mentah dianggap menjadi pemicu turunnya harga kelapa sawit di Labuhanbatu.

Penurunan tersebut tergolong cukup drastis. ’’Saya kira turunnya harga buah sawit itu karena pajak progresif ekspor. Lagipula produksi stabil, pasokan petani agak lumayan,”ujar mantan Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Labuhanbatu Yusuf Dalimunte. Yusuf menambahkan, kondisi ini justru mengarah mekanisme pasar yang menunjukkan semakin tinggi pasokan CPO maka semakin tinggi pajaknya.

Muaranya, berdampak kepada harga penjualan buah sawit. Karena itulah kenaikan pajak sangat memengaruhi naik-turunnya harga kelapa sawit. ’’Kalau saya berpendapat, penurunan harga kelapa sawit ini dipicu kenaikan pajak progresif CPO. Maklum, pasokan kelapa sawit saat ini sedang lumayan,”tuturnya.

Sementara itu, Manajer PT Jalahan Arta Prima B Napitupulu yang seharinya-hari sebagai pengumpul kelapa sawit di Rantauprapat mengakui penurunan harga kelapa sawit disebabkan permainan para produsen kapital bidang CPO. ’’Inilah yang kami terima di tingkat petani.Ketika para produsen berspekulasi seperti ini, petanilah yang paling banyak menerima dampaknya,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Labuhanbatu Darfinsyah Siregar juga menyimpulkan hal yang sama. Harga pasar kelapa sawit di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS) dan tingkat pengumpul (agen) ditentukan mekanisme pasar. Berdasar hasil pantauan terakhir di minggu pertama Juli ini,harga kelapa sawit di tingkat PKS sebesar Rp1.650– 1.700 per kg.

Di tingkat pengumpul atau agen sebesar Rp1.540 per kg. Sementara itu,harga sebelumnya mencapai Rp1.900 untuk tingkat PKS, sedangkan di tingkat pengumpul mencapai Rp1.800 per kg. ’’Dasar perbedaan harga yang terdapat di tingkat pengumpul dan PKS disesuaikan dengan biaya bongkar- muat dan pengangkutan kelapa sawit itu sendiri,” paparnya. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: