Tentang Pengalokasian Bakal Dinas Pertanian Labuhanbatu Belum Terima Informasi

Dinas Pertanian Labuhanbatu hingga kini belum menerima informasi tentang pengalokasian Bantuan Kepemilikan Alsintan (Bakal) berupa empat unit traktor roda dua (TR2) kepada para petani. Padahal, bantuan yang berasal dari Departemen Pertanian (Deptan) tahun 2008 itu dimaksudkan untuk mendukung pemenuhan produksi pertanian. 

“Kami belum dapat menetapkan kelompok tani (Poktan) yang akan menerima bantuan itu. Sebab, kami belum mengetahui adanya pemberian bantuan itu,” ucap Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Labuhanbatu Lihas Ritonga di Rantauprapat, Selasa (8/7) ketika dihubungi lewat selular. Menurut Lihas, sebelumnya pengalokasian bantuan serupa pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan dengan membentuk Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA), sebagai wadah kepemilikan poktan dalam melakukan pengelolaan alat mesin pertanian (Alsintan).
Namun, untuk dapat menentukan kelompok tani sebagai penerima bantuan itu, pihaknya masih menunggu instruksi dan informasi dari Dinas Pertanian Sumut. “Ya, kita mesti mendapat petunjuk dan informasi terdahulu dari propinsi. Bagaimana bisa menentukan penerima kalau informasi belum kami peroleh. Sampai saat ini kami belum menerima pemberitahuan adanya alokasi bantuan itu dari Subid Agribisnis dan Agroindustri, dan Seksi Sumber Daya dan Prasarana Dinas Pertanian Sumut,” katanya lagi.
Sebelumnya MedanBisnis memberitakan, 59 unit traktor roda dua dan 14 toolkit (mesin las dan perkakas) akan dialokasikan untuk 17 kabupaten/kota di Sumut, salah satunya adalah Kabupaten Labuhanbatu. Bantuan ini untuk mendorong kepemilikan alsintan kepada kelompok tani atau Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA).
Pemberian bantuan ini, disesuaikan dengan kebutuhan petani/kelompok tani dan spesifik lokasinya. Sehingga diperoleh alsintan TR2 yang berkualitas yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) ataupun Persyaratan Teknis Minimum (PTM).

MedanBisnis – Rantauprapat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: