Siswa Dipungli saat Daftar Ulang PSB

Penerimaan siswa baru (PSB) di Rantauprapat terindikasi ada pungutan liar.Modusnya berupa pemaksaan yang dilakukan oknum pihak sekolah.

Oknum itu berdalih untuk pembelian atribut,mebeler, kaos olahraga, dan biaya asuransi saat melaksanakan daftar ulang. Salah seorang orangtua siswa berinisial A mengatakan, saat dirinya mendaftar ulang anaknya ke salah satu SMP negeri di Jalan Gajah Mada, Rantau Utara, oknum pihak sekolah mengancam tidak menerima calon siswa yang lulus jika tidak membayar lunas uang pungli tersebut.

Dia mengeluh mengapa hal ini bisa terjadi. Seharusnya kecurangan itu tidak perlu terjadi lagi. “Memberatkan para orangtua murid, tolong diberi waktu. Sebab, kalau memang belum ada uangnya, anak tersebut pasti tidak jadi sekolah.Keadaan seperti ini saya yakin hampir di semua sekolah,” ujarnya.

Diketahuinya, pungli itu nilai bervariasi sesuai permintaan oknum.Yang jelas, nilainya ratusan ribu rupiah. Kalau hal ini dibiarkan, banyak anak usia pelajar yang tidak mengenyam pendidikan. Apalagi saat ini kondisi perekonomian sedikit terpuruk. Juga masyarakat sebagian besar tergolong dari keluarga kurang mampu.

Persoalan ini pun mendapat tanggapan dari anggota DPRD Labuhanbatu.Anggota Dewan dari Komisi D Saiful Usdek berharap kasus seperti ini harus diakhiri. “Saya minta pihak sekolah tidak memaksakan pembayaran saat menerima daftar ulang siswa,”tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Labuhanbatu Jamaren Ginting hanya bisa menganjurkan agar pihak sekolah menghentikan praktik pungli. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: