Warga Malaysia Dilaporkan

Ahmad Sulaiman,warga negara Malaysia sekaligus Koordinator Sumut di PT Serba Huta Jaya (SHJ), kemarin dilaporkan karyawannya ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan DPRD Labuhanbatu.

Ahmad dilaporkan karena sikapnya melampaui kewenangan dirinya sebagai tenaga kerja asing.Pria ini diketahui baru bekerja sekitar satu tahun di Labuhanbatu, tapi ternyata melakukan pekerjaan kepersonaliaan. Pekerjaan ini jelas bertentangan dengan UU No 13/ 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya lagi Pasal 46 ayat 1 dan 2.

Selain Ahmad,stafnya bernama Marianto juga dilaporkan dengan sengaja tidak memberi informasi tentang peralihan status kepemilikan perusahaan dari perusahaan PT Sawit Mas Group ke pemilik baru PT Sungai Budi Group. Ahmad adalah orang yang mewakili PT Sungai Budi Group dengan jabatan SMED Joint Venture antara PT Sawit Mas Group dan PT Sungai Budi Group.

Peralihan ini merugikan staf dan seluruh karyawan. Sebab,status mereka tidak jelas. Ditambah lagi hak yang seharusnya diterima sampai saat ini belum direalisasikan, misalnya uang cuti staf dan upah kerja hari Minggu. Manajer PT Serba Hutan Jaya Musanif meminta pihak terkait menanggapi persoalan ini.

Para karyawan juga berharap hak mereka yang belum terealisasi segera dibayarkan. Menanggapi ini,Divisi Mediator Dinas Tenaga Kerja Labuhanbatu Sutrisno mengatakan, kalau orang asing memberikan perintah kerja lembur pada hari Minggu maka sifatnya sebatas suka rela. “Artinya,tidak bisa dipaksakan kepada pekerja.

Kalau mereka mau melaksanakannya tidak menjadi persoalan. Begitu juga kalau pekerja tidak mau bekerja pada hari libur itu, tidak diberi sanksi,“ ungkapnya kepada SINDO. Sutrisno juga berjanji membantu para staf maupun karyawan. “Nanti saya pelajari dulu kalau memang melanggar aturan, bisa saja di beri sanksi,“ tandasnya tanpa merinci sanksi yang akan dikenakan kepada tenaga kerja asing tersebut.

Sementara itu, anggota DPRD Labuhanbatu Dahlan Bukhori, mengatakan, dirinya belum bisa memberikan komentar tantang tenaga kerja asing ini sebelum melihat surat pelaporan mereka. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: