Pencairan BLT Berjalan Lancar

Penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) di daerah Labuhanbatu berjalan lancar kemarin. Meskipun dilaksanakan serentak, hari kedua penyaluran tertib dan tidak terjadi antrean panjang.

Penyaluran kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ini dipusatkan di Kantor Pos Rantauprapat, Jalan Supratman. Pada hari pertama, Jumat (11/7), di antara 837 rumah tangga sasaran (RTS), telah dikucurkan uang sebanyak Rp251.100.000.

Dari tiga kelurahan di Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, yakni Padang Matinggi terealisasi sebanyak 408 RTS, Kartini sebanyak 136 RTS, dan Padang Bulan sebanyak 293 RTS. Sementara itu, hari kedua penyaluran BLT diserahkan kepada 9.838 dari 57.333 penerima dengan besaran uang Rp2.951.400.000.

Ketua Satuan Tugas BLT Kantor Pos Rantauprapat Irman Pradiya menyatakan, selain Kantor Pos Rantauprapat, mereka juga memberdayakan 12 cabang kantor pos secara serentak. ’’Kami akan menyalurkan BLT ini mulai Jumat (11/7) hingga Senin (21/7).

Bagi yang belum datang mengambil BLT pada tanggal yang telah ditentukan, nanti mereka masih bisa kembali datang setelah 21 Juli hingga akhir bulan,” ujarnya. Dia menambahkan, jadwal pembagian BLT ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi serta menghindari antrean panjang agar penerima BLT merasa nyaman.

Salah seorang wanita, Br Hasibuan, 76, warga Jalan Cempaka menyatakan, sebenarnya dana BLT Rp300.000 yang baru saja diterimanya tidak banyak bisa membantu keperluannya sehari-hari. ’’Apalah yang bisa saya lakukan dengan uang sebanyak ini. Paling nanti bisa beli beras saja.

Namun, sudahlah daripada enggak ada, saya ambil saja,” ujar janda yang sudah memiliki belasan cucu ini sambil memasukkan tanda pengenalnya ke plastik usang. Seorang wanita jompo mengenakan baju corak batik lengan panjang berwarna biru-cokelat tua sambil mengisap lisong (pusuk) seusai menerima BLT datang menghampiri wartawan.

Dia menyatakan sudah tidak memiliki suami lagi untuk membantu menutupi keperluan hidupnya sehingga dana BLT Rp300.000 itu sangat berarti baginya. Berdasar pantauan SINDO, sebagian dari warga yang telah menerima uang kompensasi BBM tampak ceria.

Mereka tak hentihentinya melempar senyum setelah menerima uang dari petugas Kantor Pos Rantauprapat. Sementara itu, terlihat juga orang tua memakai tongkat dengan susah payah sambil dibantu keluarganya berjalan menuju loket pengambilan uang kompensasi. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: