Dapem Tunggu Keputusan Pusat

Masalah daerah pemilihan (dapem) pascapemekaran Labuhanbatu masih menunggu putusan dari pusat. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu Suhari Pane menyatakan, pihaknya telah memberikan dua draf usulan jumlah dapem menjelang Pemilu Legislatif 2009 kepada KPU pusat untuk segera diputuskan.

’’Sekarang lagi finalisasi, mungkin besok (hari ini) sudah ditetapkan KPU pusat,”ujarnya. Menurut Suhari, kedua draf dapem tersebut diajukan atas dasar data terbaru tentang jumlah penduduk Labuhanbatu dari pemkab yang dikeluarkan Jumat (4/7) sebanyak 1.054.561 orang. Dengan jumlah tersebut diusulkan menjadi lima dapem. Direktur Lembaga Bina Masyarakat Indonesia Yos Batubara menyatakan, hal itu sesuai tahapan penetapan jumlah kursi dan dapem untuk anggota DPRD provinsi, kabupaten, dan kota mulai 6–12 Juni 2008.

’’Jika dilihat tanggal hari ini, artinya tahapan tersebut telah lewat.Seperti diketahui bersama bahwa pada 24 Juni 2008 lalu, DPR telah mengesahkan pemekaran Labuhanbatu menjadi tiga kabupaten, yakni Labuhanbatu Induk, Labuhanbatu Utara, dan Labuhanbatu Selatan,’’ ujarnya. Karena tahapan penyelenggaraan Pemilu 2009 tetap berjalan dan terus berjalan– bahwa sampai sekarang undang-undang mengenai Pemekaran Labuhanbatu belum disahkan,muncullah pertanyaan dapem manakah yang akan diikuti?

Apakah mengikuti dapem lama atau harus dilakukan penataan ulang dapem yang disesuaikan dengan jumlah penduduk tiap kabupaten baru. Dia menambahkan,pertanyaan ini muncul karena ketentuan dalam Undang-Undang (UU) Pemilu disebutkan bahwa jumlah kursi setiap dapem anggota DPRD provinsi dan dapem anggota DPRD kabupaten/kota ditetapkan sama seperti pemilu sebelumnya.

Namun, dalam UU tersebut juga disebutkan bahwa untuk Pemilu 2009, KPU melakukan penataan ulang dapem bagi provinsi dan kabupaten/kota induk serta provinsi dan kabupaten/kota yang dibentuk setelah Pemilu 2004. Dengan adanya bunyi pasal yang demikian,dapem untuk pelaksanaan Pemilu 2009 memiliki peluang untuk ditata ulang yang disesuaikan dengan jumlah penduduk masing- masing kabupaten baru.

Sekadar membandingkan antara dapem pada pelaksanaan Pemilu 2004 dan uraian posisi atau letak kecamatan pada kabupaten pemekaran, terjadilah campur baur kecamatan. Kalau mau dikata lebih ringkas,setiap kabupaten pemekaran saat ini adalah terdiri atas kecamatan dalam dapem pada pelaksanaan Pemilu 2004 lalu. Misalnya Labuhanbatu Induk yang terdiri atas kecamatan yang tergabung dalam tiga dapem, yakni campuran Dapem I, III, dan IV.

Sementara itu,Labuhanbatu Utara terdiri atas campuran kecamatan Dapem III dan V.Demikian juga dengan Labuhanbatu Selatan yang terdiri atas campuran kecamatan Dapem I dan II. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: