Anggaran Berobat Gratis Rawan Penyimpangan

Pemkab Labuhanbatu menganggarkan dana sebesar Rp 13 miliar untuk program berobat gratis kepada masyarakat tanpa terkecuali, dikelola Dinkes setempat dan Rp 5,5 miliar untuk RSU Rantauprapat.

Sejalan dengan itu, LSM Lembaga Corruption Watch Indonesia (LCW-I) mensinyalir bahwa penggunaan anggaran tersebut rawan untuk dilakukan penyimpangan. Sebab, perhitungan jumlah biaya untuk masyarakat pesakitan, jasa tenaga perawatan dan dokter tidak pernah di sosialisasikan kepada masyarakat luas. Sehingga hitungan itulah nantinya yang disangsikan keakuratan jumlah anggarannya.

“Hendaknya pemerintah atau Dinkes mempublikasikan perinciannya, terkecuali obat. Kita melihat penggunaan anggaran itu sangat rawan dari penyimpangan. Akibatnya nanti pihak puskesmas yang juga sarana kesehatan milik pemerintah terpaksa membengkakkan jumlah warga yang berobat, kalau tidak, saya kira dananya sulit untuk dihabiskan,” kata Kabid Monitoring LSM LCW-I Labuhanbatu Kamal Ritonga kepada Global, Selasa (15/7) di Rantauprapat.

Untuk itu, ia berharap agar kinerja benar-benar dilaksanakan sesuai dengan Juklak maupun Juknisnya. Apalagi saat ini semua lembaga maupun masyarakat berhak mengawasi perjalanan program tersebut. “Pengawasan saat ini sangat ketat, makanya kepada Dinkes dan jajaran lainnya agar bekerja profesional, apalagi Pemkab Labuhanbatu mempunyai program Labuhanbatu Sehat 2010,” harap Kamal.

Drg Atilla Efendi selaku Kasubdis Bina Yankes Dinkes Pemkab Labuhanbatu menjelaskan bahwa sampai saat ini, walau telah berjalan setengah tahun, pihaknya belum mengetahui pasti jumlah warga yang telah terlayani dalam program berobat gratis.

Disinggung tentang adanya kekhawatiran penggelembungan jumlah nantinya, Atilla membantah. Sebab, anggaran yang ada akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. “Kalau mark-up tidak mungkin, karena kita sudah punya penggunaan masing-masing,” jelas Atilla.

Joko Gunawan |Global | Rantauprapat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: