BRI Rantauprapat Kucurkan KUR Rp30 M

Skema realisasi kredit usaha rakyat (KUR) di Labuhanbatu melalui Bank Rakyat Indonesia optimal. Itu, ketika dilihat dari jumlah kucuran permodalan ketingkat usaha kecil menenagah (UKM) di daerah itu yang mampu menembus angka Rp30 M.

Sementara, sektor yang dominan menyerap suntikan bantuan kredit lunak permodalan itu, lebih banyak ke sektor Perdagangan dan Perkebunan.

“Dalam persentase penyalurannya, 40 persen ke sektor perdagangan dan 40 persen ke sektor perkebunan. Selebihnya, ke sektor jasa dan lainnya,” jelas Aswan Bagian Perkreditan BRI cabang Rantauprapat, Rabu (16/7) di Rantauprapat.

Sementara, tambahnya untuk lingkup kantor cabang BRI Rantauprapat pengucuran dananya telah melampaui target yang ada. Namun demikian, bebernya untuk lingkup unit-unit BRI se Labuhanbatu masih jauh dibawah target dalam kisaran 70 persen.

Indikasi hal itu, ujarnya, mungkin dikarenakan masyarakat pedesaan yang belum mengetahui dan memanfaatkan akses penyediaan kredit di setiap unit BRI. “Memang, untuk KUR di unit baru dilangsungkan pada bulan Maret 2008. Jadi, tambahnya, sampai penghujung tahun 2008 tidak tertutup kemungkinan masih akan terus mengalami pertambahan,” paparnya.

Sementara, pihak BRI cabang Rantauprapat, masih katanya telah melakukan pengucuran modal KUR kepada masyarakat sejak Desember 2007 lalu.

Pihaknya, kata Aswan, akan terus menerima para calon kreditur untuk melakukan akad peminjaman modal. Sepanjang pihak Pemerintah masih memberi penjaminan pengembalian modal KUR itu. “Ya, kita akan kucurkan sebanyaknya dana untuk membantu permodalan rakyat,” tukasnya.

Sampai kini, BRI cabang Rantauprapat, bebernya, telah mengucurkan dana permodalan kepada 3200-an para peminjam KUR yang dibawah Rp5 juta.

Selain itu, Aswan juga tidak menutup kemungkinan adanya pemberian modal lunak itu dengan mensyaratkan pemberian agunan kepada calon peminjam. Meski begitu, masih banyak juga para peminjam tanpa dikenai pemberian agunan. “Ya, kita tidak pungkiri ada meminta agunan kepada calon penerima. Tapi, ada juga yang tidak dikenai agunan. Jadi, hanya bermodal KTP dan katu nikah dan syarat lainnya, dana dapat terus dicairkan,” tandasnya.

Sedangkan, ketika realisasi pengucuran KUR melalui BNI Rantauprapat dan Bank Syariah Mandiri (BSM) Rantauprapat belum dapat diperoleh. Sebab, ketika dihubungi masing-masing bagian terkait di Perbankan milik pemerintah yang dihunjuk sebagai penyalut kredit itu sedang keluar kantor.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: