Terkait Tarlih, KPUD Labuhanbatu Lakukan Coklit

KPUD Labuhanbatu akan melakukan kegiatan Pencocokan Penelitian (Coklit), terhadap Data Agraret Kependudukan per-Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Labuhanbatu.

Itu, terkait penyusunan dan penetapan jumlah kursi serta jumlah daerah pemilihan pemilu Legislatif nantinya. Coklit itu dilakukan setelah KPUD kabupaten secara nasional menerima data/daftar nama calon pemilih dari pemerintah.

“Kegiatan Coklit itu kita lakukan sesuai dengan UU Nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilu. Petugas untuk pencoklitan itu nantinya satu orang, yang ditetapkan oleh PPS untuk masing-masing per-TPSnya. Jadi, daftar sementara akan diserahkan kepada petugas untuk mencocokkannya dilingkungan calon TPS,” ungkap Ketua KPUD Labuhanbatu Suhari Pane kepada wartawan, Rabu (16/7) di ruang kerjanya.

Untuk lebih meminimalkan warga tidak terdaftar, petugas coklit akan menyerahkan daftar nama tersebut kepada masing-masing pengurus partai Politik (Parpol) di tingkat Kelurahan/Desa.

Kepada Parpol, juga diharapkan berperan untuk menseleksi nama-nama sementara tersebut yang diserahkan oleh petugas coklit. Setelah itu, daftar sementara akan ditetapkan untuk menjadi daftar nama-nama pemilih tetap.

“Daftar sementara itu harus diserahkan petugas kepada perwakilan peserta pemilu sebagai bahan masukan dan tanggapan. Disana, akan lebih diketahui pemilih yang wajib tetapi belum terdaftar. Atau, mengurangi nama yang belum memenuhi persyaratan, tetapi setelah dicoklit dulu. Kepada parpol dan masyarakat, kita mengharapkan masukannya,” jelas Suhari.

Untuk itu, Suhari berharap parpol yang ikut dalam pemilu nantinya agar segera mempersiapkan mandat kepada pengurus tingkat Kelurahan/Desa atau perorangan untuk menerima daftar pemilih sementara dari petugas.

Daftar nama tersebut nantinya akan diserahkan kepada KPUD, dan setelah dilakukan pemuktahiran, daftar nama pemilih kembali diserahkan kepada Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) tingkat Kelurahan/Desa.

“Ketentuan tentang itu semua telah kita beritahukan kepada seluruh pimpinan parpol yang ada dengan cara menyurati mereka,” ucap Suhari sembari menambahkan, bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk jajaran KPUD setempat akan dilantik pada Senin 21 Juli 2008 pekan depan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: