Wabup Labuhanbatu, H Sudarwanto SP:

Jangan Garap Lahan PT SBI

Wakil Bupati Labuhanbatu, H Sudarwanto SP, melarang warga eks transmigrasi yang bermukim di Dusun Bagan Toreh, Desa Torgand,a Kecamatan Torgamba, Labuhanbatu, untuk menggarap lahan PT Sinar Belantara Indah (SBI). Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan tokoh masyarakat Bagan Toreh, Selasa (15/7) di aula Kantor Camat Torgamba.

“Saat ini banyak penduduk Riau yang melakukan penggarapan di areal Labuhanbatu. Padahal, batas wilayah sudah jelas yakni, di atas Sungai Cindur yang merupakan batas alam Kabupaetn Labuhanbatu dengan Propinsi Riau. Anehnya, warga dari Riau masih terus melakukan penggarapan. Untuk itu saya meminta kepada warga eks transmigrasi untuk tidak ikut-ikutan melakukan penggarapan,” imbaunya.
Sudarwanto mengingatkan, saat ini tidak sedikit oknum yang melakukan penipuan kepemilikan lahan.

Pihaknya berharap agar warga Bagan Toreh tidak terprovokasi untuk melakukan penggarapan. “Silakan Anda bekerja di lahan yang sudah ditetapkan dan jangan lagi melakukan penggarapan,” ungkapnya.
Terkait masalah lahan eks transmigrasi seluas 300 hektar di Dusun Bagan Sinembah, Sudarwanto menyarankan agar dikelola secara optimal. “ Jadikanlah lahan itu sebagai sumber kehidupan,” paparnya.
Ia juga meminta agar batas lahan eks transmigrasi seluas 300 hektar itu segera dibuat agar diperoleh kejelasan antara lahan PT SBI dengan eks transmigrasi.
Senada dengan itu, Kepala Dusun Bagan Toreh, Khairin Simamora, menyatakan agar tapal batas antara PT SBI dengan lahan eks transmigrasi segera dibuat. Pada kesempatan itu, Sudarwanto juga memohon PT SBI untuk ikut membantu warga dalam mengelola lahan.
Menanggapi hal itu, Manajer PT SBI, Suprianto mengemukakan, pada prinsipnya perusahaan siap membantu masyarakat. “Saya meminta warga agar segera menyusun daftar nama eks transmigrasi, sehingga jelas kepemilikan lahan dan tidak ada yang tumpang tindih,” tegasnya.

MedanBisnis – Labuhanbatu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: