Mau Jadi Kasek Bayar Rp35 Juta

Kepiluan seorang kepala sekolah semakin mendalam saat mengetahui dirinya dicopot tanpa alasan.

Seperti sembilan Kasek SD Negeri di wilayah Sigambal, Kec. Rantau Selatan yang dicopot dari jabatannya oleh Dinas Pendidikan L. Batu belum lama ini.

Salah seorang di antaranya, Indra Bustami, SPd, mengungkapkan kepada wartawan, Sabtu (12/7). Menurutnya, pergantian bukanlah penyegaran, melainkan bisnis semata.

“Kalau penyegaran bukan baru tiga tahun menjabat sudah diganti. Kalau mau diganti Kasek yang sudah memangku jabatan puluhan tahun. Itu baru pas,” katanya kecewa.

Ironisnya, terang Bustami, pencopotan dirinya diketahui dari salah seorang guru yang dia pimpin/ Guru itu mengatakan,  jabatannya akan digeser dari Kasek menjadi guru biasa.
“Inikan membuat saya bingung. Mengapa dia lebih dulu tahu dari saya. Sementara saya tidak diberitahu dari Dinas atau Kacabdis Pendidikan,” kata Bustami.

Uniknya lagi tambah Bustami, bila dirinya tidak ingin diganti dia harus bersedia membayar Rp 35 juta. Inilah yang disampaikan salah seorang guru kepadanya. Lain halnya bila menginginkan jabatan Pemilik Sekolah (PS), dia harus membayar sedikit lebih murah yakni Rp 10 juta.

” Saya merasa terpukul dalam penyegaran itu. Apalagi saya ini Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di Kecamatan Rantau Selatan ini. Kalau begini caranya, Pemkab L. Batu dinilai sudah merusak dunia pendidikan,” kata Bustami.

Sementara itu  Kacabdis Rantau Selatan Eko  Purwanto di Sigambal Rabu (16/7) menyatakan, apa yang dilontarkan  kepala sekolah yang diturunkan jabatannya serta mutasi guru di beberapa Sekolah Dasar Negeri  (SDN) di Rantau Selatan bukanlah atas rekomendasi dari Kacabdis Rantau Selatan melainkan kebijakan atasan
Lebih lanjut dikatakan Eko Purwanto, di dalam surat keputusan pengangkatan kepala  sekolah yang sudah masa jabatan ada 4 tahun.(cbs)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: